38 OTG Covid-19 Jalani Isolasi Mandiri di Diklat Bengkalis


riaupotenza.com
dr. Ersan Saputra.(dok)

BENGKALIS(Riaupotenza.com) — Test swab massal yang dilaksanakan di Dinas PUPR Kabupaten Bengkalis telah usai dilaksanakan. Kepala Dinas Kesehatan Bengkalis dr Ersan Saputra berharap, seluruh ASN yang menjalani test swab dalam kondisi sehat dan tidak masuk dalam Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19.

"Iya, hari ini petugas kesehatan melaksanakan tes swab massal bagi pegawai dan non pegawai PUPR Bengkalis diperkirakan selesai siang nanti," ungkap dr Ersan Saputra, Senin (14/9/2020).

Kegiatan tes swab ini. Ersan mengatakan, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pemerintah daerah guna memutuskan mata rantai penyebaran wabah virus corona ini. 

"Tes swab massal PUPR ini kegiatan rutin,  yang terlebih dulu dilakukan pada OPD dinas kesehatan, RSUD, Sekretariat, Kejaksaan dan Bappenda. Apalagi PUPR Bengkalis juga salah satu OPD yang langsung berhadapan dengan masyarakat, lebih bagus mencegah daripada mengobati," ujar dr Ersan. 

Ia menjelaskan, bahwa tes swab yang umum dilakukan adalah uji usap nasofaring dengan mengumpulkan cairan atau sampel dari bagian belakang hidung dan tenggorokan atau dahak untuk diperiksa kumannya di laboratorium. Tak hanya untuk virus corona, uji swab juga biasa digukanan untuk diagnosis infeksi virus lainnya.

"Doakan saja hasilnya negatif semua. Untuk masyarakat juga agar tetap selalu menjaga kesehatan dengan patuhi protokol kesehatan, tetap menggunakan masker apabila melaksanakan aktivitas dan selalu mencuci tangan,”ujar Ersan. 

Ia juga mengakui bahwa, untuk diwilayah kabupaten Bengkalis banyak orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 yang saat ini pihaknya sudah mengambil langkah cepat untuk memutuskan penyebaran wabah tersebut. 

"Ada berjumlah 38 orang tanpa gelaja (OTG) covid-19. Saat ini sudah kita lakukan isolasi mandiri di Diklat Bengkalis,”katanya lagi.kar