Juni Kardi, Kepsek SDN 40 Pekanbaru Terapkan Konsep Pembelajaran MIKIR di Sekolah


riaupotenza.com
Kepala SDN 40 Pekanbaru, Juni Kardi SPd bersama majelis guru dalam menerapkan PJJ

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Sejak Januari 2020 lalu, Kepala SDN 40 Pekanbaru yang beralamat di Jalan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai Pesisir di pimpin Oleh Juni Kardi Spd, ada beberapa gebrakan atau perubahan yang ditinjau ulang dan diubah  demi menjadikan sekolah tersebut untuk berkembang ke arah yang lebih baik.

Awalnya, ia membiasakan murid Sdn 40 Pekanbaru beserta mejelis guru untuk melaksanakan sholat zuhur bersama di musholla warga tak jauh dari sekolah, karena biasanya Kepsek mengatakan biasanya hanya ada imam dan makmum 1 orang saja yang melaksanakan sholat disana.

“Ya awalnya saya sedih melihat kondisi musholla di pekarangan rumah warga terlihat sepi jika pada waktu zuhur, sebab itu saya ajak murid dan guru untuk sholat disana, alhamdulillah respon warga disini baik”. Jelas Juni Kardi Jumat (11/09/2020).

Perubahan lain yang ia biasakan disekolah, yakni sekolah mengaji dipagi hari sebelum pembelajaran, katanya mengaji dipagi hari ataupun membaca surat yasin dihari jumat dapat menambah semangat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran nantinya. “Ini sudah dijalankan sebelum pandemi Covid-19 yang melumpuhkan kegiatan tatap muka berlangsung disekolah”. Sebut Juni Kardi.

Juni Kardi menambahkan dalam menerapkan pembelajaran yang baik dan mudah dicerna oleh siswa-siswi di era kecanggihan teknologi saat ini. Ia menerapkan pola dari tonato Fondation, diamana ia disana diamanahkan sebagai fasilitator.

“Saya mencoba menerapkan MIKIR yang merupakan unsur dari pembelajaran aktif yang dikenalkan oleh Tanoto Foundation kepada berbagai sekolah mitra Tanoto Foundation. MIKIR merupakan akronim dari mengalami, interaksi, komunikasi, dan refleksi”.

Juni Kardi berharap pendekatan Ini diharapkan membiasakan dan menumbuhkan kreativitas, berkolaborasi dalam tim dan berfikir kritis baik di kelas maupun di tengah masyarakat nanti.  "Terlaksananya pembelajaran seperti ini kepala sekolah menerapkan lesson study dalam membimbing guru untuk pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bersama guru dan diterapkan dalam pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masa pandemi covid 19" Sebut Kepsek lebih jauh.

Guru merasa senang dengan pola pendampingan yang di laksanakan kepala sekolah, "Dengan pola bimbingan lesson study yang dilakukan kepala sekolah saya merasa senang dan terbantu dalam penyusunan RPP dan LKPD, saya merasa tidak terbebani" ungkap Dani guru kelas 5 SDN 40 Pekanbaru. (Jel)