KEBAKARAN RUKO SEBELAH KANTOR BUPATI BENGKALIS

Apui Buka Baju Selamatkan Usaha Miliknya


riaupotenza.com
KEBAKARAN : Tampak petugas Damkar bersama pemilik usaha Riau Keramik, Apui berusaha memadamkan api yang merembet ke ruko miliknya di Jalan Ahmad Yani-Bengkalis, tepat disebelah kantor Bupati Bengkalis, Rabu (2/9/2020).(sukardi)

KEBAKARAN HEBAT terjadi di deretan ruko, sebelah kantor Bupati Bengkalis, Jalan Ahmad Yani, Rabu (2/9/2020) pagi, sekitar pukul 09.30 WIB. Awalnya, sumber api berasal dari rumah papan yang berada dibelakang ruko. Rumah berbahan kayu itu, ludes dilahap “si jago merah”. Bahkan sempat merembet dilantai atas tiga unit ruko yang berada di depannya.

Pantauan Riaupotenza.com dilapangan. Musibah kebakaran tersebut saat ini sedang berlangsung. Upaya pemadaman dari Tim BPBD-Damkar Bengkalis dikerahkan, dibantu kepolisian resort (Polres) Bengkalis serta TNI, api berusaha dijinakkan. Walau, curah gerimis saat peristiwa berlangsung, tapi upaya pemadaman terus berlanjut.

Tiga ruko yang ada didepan rumah papan, nyaris menjadi amukan “si gajo merah”. Tiga ruko tersebut terdapat usaha Apotik dan Toko Bangunan Riau Keramik. Pemilik usaha pun turun tangan untuk melakukan pemadaman.

Terlihat salah seorang pengusaha ternama di Bengkalis, Apui pemilik Toko Riau Keramik buka baju, berada dilantai dua ruko, sambil berupaya mencergah agar api tidak merembet masuk ke bangunan ruko miliknya. 

Dibantu dengan petugas BPBD-Damkar dan masyarakat setempat. Apui berusaha meraih selang air, yang melekat pada mobik BPBD-Damkar dan mengarahkan ke dinding-dinding ruko miliknya. 

Toko Riau Keramik itu pun tampak dipenuhi, bahan-bahan bangunan terlengkap. Peristiwa kebakaran itu juga membuat warga, yang melintasi di ruas Jalan Ahmad Yani, berusaha melihat dari dekat. Sampai-sampai aparat kepolisian mengarahkan masyarakat agar menjauh dari lokasi kebaran.

Upaya pemasangan garis polisi (police line) juga dilakukan selama proses pemadaman berlangsung. Tiga ruko tersebut berada di pusat kota, sehingga sedikit mempermudah mobil BPBD-Damkar untuk melakukan upaya pemadaman secara total.

“Kepulan asap menghitam keluar dari dalam ruko, Toko Riau Keramik dan Apotik. Semoga petugas pemadaman bisa menjinakkan api. Api berasal dari rumah dibelakang ruko, sumbernya dari sana,”ungkap Jefri Tumangkeng salah seorang warga setempat yang turut memadamkan api, Rabu (2/9/2020) dilokasi.

Hingga berita ini diturunkan, upaya pemadaman masih berlangsung. Kendati rumah papan dibelakang ruku, sudah rata dengan tanah. Namun, kepulan asap tebal masih menyelimuti ruko tersebut.

Kepala Pemadaman Kebakaran (Damkar) Bengkalis Syafrizan saat berada dilokasi mengatakan, kobaran api yang membesar itu menjalar hingga ke ruko. Ia pun harus menurunkan sebanyak 40 petugas pemadam dan 4 mobil Damkar.

“Kita mendapat laporan dari warga bahwa ada kebakaran, hari ini kita kerahkan seluruh personil dari Pos Bengkalis dan Bantan. Kita alami kesulitan memadamkan api, sebab rokonya bertingkat dan tinggi,”ucapnya.kar