Baznas Bengkalis Gelar Khitanan Massal Gratis di Desa Deluk


riaupotenza.com
KHITANAN MASSAL : Ketua Baznas Bengkalis H Ali Ambar, Kasat Narkoba Polres Bengkalis AKP Syahrizal, SE, MH, M.Si, Bhabinkamtibmas Desa Deluk dan Jangkang Aipda Ardiansyah, SH, MH tampak melihat kondisi anak yang tengah menjalani khitanan massal progrm Baznas Bengkalis di Desa Deluk, Sabtu (15/8/2020).(sukardi)

BANTAN (Riaupotenza.com) — Selaras dengan program yang dicanangkan pemerintah kabupaten (Pemkab) Bengkalis, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis, Sabtu (15/8/2020) menggelar khitanan massal di Desa Deluk, Kecamatan Bantan.

Kegiatan dipusatkan di Dusun Penampar, Desa Deluk tepatnya di Pantai Deluk turut dihadiri Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan H. Heri Indra Putra mewakili Plh. Bupati Bengkalis H Bustami HY.

Menurut Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis H Ali Ambar, LC, M.Pdi, ada sebanyak 23 anak keluarga mustahik yang telah mengikuti khitanan massal gratis. Selain khitanan massal juga dilaksanakan kegiatan kepada mualaf dan seluruh relawan Baznas Kabupaten Bengkalis. Terlaksananya kegiatan ini juga tetap mengkedepankan protokol kesehatan ditengah Pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, kegiatan hari ini selama tiga hari dari Jumat sampai dengan Minggu ini bisa terlaksana. Khitanan massal ini merupakan program Baznas yang bersumber dari donatur kita. Selain itu juga turut dibantu oleh pemerintah desa Deluk, termasuk tempat dan saran serta prasarannya,”ungkap Ali Ambar.

Lebih lanjut Ali Ambar menjelaskan, kegiatan itu juga turut dibantu oleh Relawan Faluntir Baznas. Sebab, Baznas hari ini butuh relawan-relawan tersebut untuk melaksanakan programnya. Terutama dalam hal pengumpulan zakat, infak dan sedekah (ZIS).

“Untuk zakat kita, desa memiliki potensi, tidak hanya diperkotaan saja. Seperti Desa Pasiran yang baru-baru ini juga menyumbangkan zakatnya, kemudian desa di Siak Kecil juga mencapai Rp 100 juta potensi zakat. Terlebih lagi peran dari Polres Bengkalis yang setiap bulan mencapai Rp 70 – Rp 80 juta zakatnya,”ujar Ali Ambar.

Ia juga menyebutkan, untuk kegiatan Baznas lainnya dalam waktu dekat akan menyerahkan bantuan kepada mahasiswa terdampak Covid-19 dan akan menghadirkan Ustadz Abdul Somad (UAS), yang ditaja Baznas di Desa Batang Duku.

Selanjutnya, sambung Ali Ambar, HUT Satlantas Polres Bengkalis nantinya juga diagendakan kegiatan khitanan massal dengan jumlah peserta sebanyak 400 anak.

Sementara itu, Plh. Bupati Bengkalis H Bustami HY diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan H. Heri Indra Putra mengatakan, sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya ditengah kondisi pandemi Covid-19 ini.

“Kita sangat mendukung langkah Baznas ini. Sebab, ini merupakan bagian dari kegiatan untuk kesejahteraan masyarakat di desa,”katanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Bengkalis diwakili Kasat Narkoba Polres Bengkalis AKP Syahrizal, SE, MH, M.Si, Kapolsek Bantan AKP Zulmar, SH, Kepala Desa Jangkang diwakili Sekdes Jangkang Muhammad Aslan, Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Bengkalis Datuk Seri H Sofyan Said, Bhabinkamtibmas Desa Deluk dan Jangkang Aipda Ardiansyah, SH, MH.kar