Wako Tetap Izinkan Masyarakat Gelar Perlombaan HUT RI, Asal ...


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Wali Kota Pekanbaru  Dr Firdaus mengizinkan masyarakat untuk tetap dapat menggelar berbagai perlombaan dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-75 tahun 2020. Namun, dalam kegiatan nantinya diwajibkan untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan. 

Firdaus menilai, saat ini Kota Pekanbaru sendiri masih dalam ancaman penyebaran Covid-19. Bahkan saat ini Pekanbaru kembali ke zona merah, dengan rasio penularan tinggi. 

"Boleh saja ada perlombaan, tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat," kata Firdaus, kemarin. 

Menurutnya, budaya dengan menggelar berbagai kegiatan dan perlombaan disaat perayaan HUT RI memang sudah menjadi tradisi yang tidak dapat dihilangkan.

Ia menyarankan, jika memungkinkan warga lebih dianjurkan menggelar berbagai perlombaan secara online dengan berinovasi memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada saat ini.

"Kalau bisa, berinovasi dengan teknologi untuk mengurangi keharusan tatap muka," ulasnya.

Sementara untuk pelaksanaan upacara HUT RI ke-75, akan tetap dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru di komplek perkantoran Tenayan Raya. Upacara dan detik-detik proklamasi akan dipusatkan disana.

Untuk peserta upacara akan dibatasi atau tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang bisa diikuti seluruh pegawai di lingkungan pemerintah kota. Dalam pelaksanaan nya akan tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak. 

"Kita tetap selenggarakan di halaman kantor dengan peserta terbatas. Untuk detik-detik proklamasi akan dilakukan secara streaming," ungkapnya.  rpz