Dana Hibah Cair, KPUD Meranti Kembali Action


riaupotenza.com
Sosialiasi yang digagas KPUD Kepulauan Meranti beberapa waktu lalu.

MERANTI (Riaupotenza.com) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) mulai memanfaatkan dana hibah dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kepulauan Meranti untuk mensukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak 2020.

Memang, sebelumnya tahapan Pilkada sempat tertunda akibat Covid-19. Kemudian, akhirnya Pilkada serentak kembali diputuskan akan diadakan pada 9 Desember 2020.

Demikian dikatakan Ketua KPU Kepulauan Meranti Abu Hamid, melalui Komisioner KPU Divisi Partisipasi Masyarakat, Sosialisasi dan SDM, Hanafi, Jumat (14/08).

"Alamdulillah, dana hibah sudah dicairkan oleh Pemda Meranti kepada kita hari ini 14 Agustus 2020 sebesar Rp 13.150.000.000. Dana hibah ini akan digunakan untuk melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pilkada. Mulai dari pemutahiran data pemilih, Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati, kampanye, pungut hitung dan lain-lain," bebernya.

Dijelaskannya, dana tersebut akan digunakan untuk badan penyelenggaraan adhock. Penyelenggara adhoc yang dimaksud meliputi tiga kelompok, yaitu Panitia Pemungutan Suara Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Anggaran tersebut digunakan untuk penyelenggara adhock. Ketiganya diatur dalam Pasal 51 dan Pasal 72 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu," kata Hanafi.

Dia menambahkan, anggaran yang paling besar terserap digunakan untuk percetakan APK, surat suara, kotak suara, dan tahapan pencalonan.

"Selain APK dan surat suara, anggaran yang besar itu tahapan pencalonan, dimana jika ada calon perseorangan, maka kita harus turun ke lapangan untuk memeriksa kelengkapan berkasnya," ujar Hanafi.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti mendapatkan dana hibah dari Pemkab Kepulauan Meranti sebesar Rp22,184, 900.000 miliar dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Meranti terima sebesar Rp9 miliar.

Dana tersebut dalam rangka untuk menyukseskan penyelenggaraan dan pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang di Kabupaten Kepulauan Meranti. dam