Rusunawa Rejosari Masih Kosong dari OTG Covid 19


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) -=Rumah susun dan sewa (Rusunawa) Rejosari di Teluk Lembu Ujung, Kecamatan Tenayan Raya yang disiapkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bagi Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 belum terisi pasien positif. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy mengatakan, hingga saat ini belum ada OTG Covid-19 yang menjalani isolasi di Rusunawa yang dijadikan Rumah sehat tersebut. 

"Belum, masih belum ada yang di isolasi disana," kata Zaini, Rabu (12/8). 

Ia menuturkan, bahwa Pemko Pekanbaru telah menyiapkan Rusunawa sebagai tempat isolasi OTG Covid-19. Hal itu dilakukan agar OTG yang tidak dapat melakukan isolasi mandiri dirumah agar dapat melakukan isolasi di Rusunawa Rejosari. 

"Jika ada OTG covid yang tidak memiliki cukup ruang dirumah nya untuk isolasi bisa diisolasi di rumah sehat itu. Karena tidak semua orang memiliki ruang isolasi cukup dirumah. kalau dirumah kan ruang nya terbatas, dapat menularkan virus ke keluarga terdekat," terangnya. 

Ada 100 kamar dan 180 tempat tidur tersedia di Rusunawa Rejosari bagi OTG covid-19 yang menjalani isolasi disana. 

Seluruh kebutuhan OTG covid-19 yang menjalani isolasi disana akan ditanggung Pemko Pekanbaru. Baik untuk makan, kebutuhan obat-obatan, pemeriksaan swab dan kebutuhan lainnya. 

"Untuk OTG covid yang saat ini terdata, mereka saat ini lebih memilih isolasi secara mandiri dirumah masing-masing," terangnya. 

Saat ini terdata ada 53 OTG covid-19 yang menjalani isolasi secara mandiri. Sementara orang yang bergejala covid-19 yang menjalani isolasi di rumah sakit sebanyak 62 orang. rpz