Jaga Kamtibmas Ditengah Pandemi Covid-19, Sat Binmas Polres Gelar FGD di Desa Deluk


riaupotenza.com
FGD : Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Bengkalis bersama Bhabinkamtibmas Desa Jangkang dan Deluk menggelar kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) bersama masyarakat terkait peran serta masyarakat ditengah Pandemi Covid-19, Rabu (12/8/2020).(sukardi)

BANTAN(Riaupotenza.com) — Untuk memperkuat keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Desa Deluk, Kecamatan Bantan. Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Bengkalis bersama Bhabinkamtibmas Desa Jangkang dan Deluk menggelar kegiatan Fokus Group Discussion (FGD), Rabu (12/8/2020).

Bertempat di aula Desa Deluk. Kegiatan tersebut dibuka resmi Kepala Desa Deluk, Azman, S.Ag dan dihadiri seluruh  tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh agama. Tema yang diangkat dalam kegiatan FGD adalah peran serta masyarakat melaksanakan protokol kesehatan dalam masa pamdemik COVID-19.

Hadir sebagai narasumber dari Polres Bengkalis diantaranya Kasat Binmas Polres Bengkalis AKP Ismanto Wibowo, bersama sejumlah kepala unit Binmas dan Bhabinkamtibmas Desa Jangkang dan Deluk Aipda Ardiansyah, SH, MH.

Dalam kesempatan tersebut, seluruh hal yang berkaitan dengan Kamtibmas mulai dari peran serta masyarakat menerapkan protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19, imbauan kepada para tokoh masyarakat untuk dapat membantu Polri dalam mensukseskan rangkaian sebelum, selama dan sesudah Pilkada 2020 Kabupaten Bengkalis serta peraturan dan penegakan hukum dalam Covid-19, turut disampaikan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Deluk Azman, S.Ag berharap agar masyarakat dapat memahami tentang tata cara membuat acara rakya (pesta dan kenduri), serta mamahami anjuran Polri yang disampaikan selama Pandemik Covid-19.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Jangkang dan Deluk Aipda Ardiansyah, SH, MH mejelaskan, selama kegiatan FGD ada tiga capaian yang harus dilakukan. Pertama, pemerintah desa Deluk dan masyarakat mengetahui langkah-langkah dalam antisipasi menghadapi Covid-19.

Kemudian kedua, masyarakat dapat memahami tentang tata cara membuat acara rakyat ( Pesta dan Kenduri ) serta memahami anjuran Polri  yang disampaikan dan capaian ketiga mengetahui sanksi yang didapat,apabila melanggar aturan-aturan protokol kesehatan.

“Intinya, FGD yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas dan Sat Binmas Polres Bengkalis mengingatkan disana ada peran serta masyarakat melaksanakan protokol kesehatan dalam masa pamdemik Covid-19,”kata Aipda Ardiansyah SH, MH.

Ardiansyah juga menyampaikan, kegiatan itu juga mengambil kesimpulan mengajak masyarakat agar lebih disiplin dalam adaptasi kebiasan baru dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak (Physical Distancing).kar