Puluhan Gajah Liar "Teror" Pemukiman Warga Semunai


riaupotenza.com
Puluhan gajah liar berada di kebun warga Jalan Bathin Tomat, Desa Semunai.

PINGGIR (Riaupotenza.com) - Warga Jalan Bhatin Tomat, Desa Semunai, Kecamatan Pinggir dikagetkan dengan segerombolan gajah liar yang masuk ke pemukiman warga, Rabu (5/8/2020). Melihat hal tersebut, warga langsung keluar rumah dan melihat hewan liar yang berbadan besar. 

Marsita warga sekitar mengatakan, memang di belakang rumah warga ada segerombolan gajah liar. Gajah-gajah tersebut melintasi kebun warga dan memakan tanaman. Warga juga tampak mengusir para kawanan gajah agar bisa pergi meninggalkan kebun warga. 

"Baru kali ini pula puluhan ekor gajah liar yang berjumlah 14 ekor masuk ke pemukiman warga. Kami pun heran pak. Tidak seperti biasanya ada gajah masuk ke sini. Kalau ada pun itu tidak banyak," ujar Rio.

Kepala Bidang KSDA Wilayah II Balai Besar KSDA Riau, Heru Sutmantoro kepada wartawan membenarkan adanya kawanan gajah liar yang masuk ke pemukiman warga. Jadi kawanan gajah ini dari kantong gajah yang berada di Giam Siak Kecil (GSK).

Saat ini pihaknya dan rombongan dari Rimba Satwa Foundation (RSF) terus berupaya untuk menggiring agar gajah liar ini kembali ke GSK. mat