OTG Positif Covid Bakal Dirujuk Ke Rusunawa Rejosari


riaupotenza.com
Dr Firdaus

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menggunakan Rusunawa Rejosari di Teluk Lembu Ujung, Kecamatan Tenayan Raya sebagai rumah sehat tempat isolasi pasien positif Covid-19. 

Wali Kota Pekanbaru. Dr Firdaus mengatakan, pasien yang dirawat disana merupakan pasien positif covid-19 dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). 

Pasalnya OTG positif covid-19 jika dirawat maupun di isolasi di rumah sakit, maka biaya perawatan tidak dapat ditanggung pemerintah. 

"Karena yang positif covid dengan status OTG tidak dapat dirawat dirumah sakit, karena pemerintah tidak dapat membayar penggantian biaya. Pemerintah hanya membiayai pasien positif yang dirawat dan PDP yang dirawat," kata Firdaus, hari ini. 

Saat ini OTG positif covid disarankan untuk melakukan isolasi mandiri dirumah masing-masing. Menurutnya, hal itu dapat membuat penularan terhadap keluarga terdekat.

Karena tidak semua OTG positif covid yang memiliki cukup ruang dirumah mereka masing-masing untuk mengisolasi diri agar tidak menularkan pada keluarga terdekat. 

Selain itu juga tidak semua OTG positif covid yang mampu, karena selama isolasi mandiri mereka juga tidak dapat beraktivitas seperti biasa maupun untuk berekonomi. 

"Yang jadi masalahnya tidak semua OTG positif Covid-19 bisa menjalani isolasi mandiri. Sementara mereka juga tidak bisa dirawat di RS karena tidak memiliki keluhan. Maka kita akan siapkan dalam beberapa hari ini agar OTG positif covid diisolasi di rumah sehat," jelasnya. 

Selama diisolasi di rumah sehat, OTG positif covid akan ditanggung seluruh biaya yang dibutuhkan. Seperti untuk makan, pengobatan, dan kebutuhan sehari-hari. 

"Semuanya ditanggung, mulai dari makan, keperluan sehari-hari, untuk tes swab nya, pengobatan, semuanya dibantu Pemko Pekanbaru," ujar Firdaus. 

Semula Rusunawa Rejosari diperuntukkan sebagai tempat karantina bagi warga Pekanbaru yang pulang dari Malaysia diawal munculnya Covid 19 beberapa waktu lalu. rpz