Masih Pembebasan Lahan

Jalan Utama Menuju Komplek Perkantoran Tenayan Raya Dari Simpang BPG


riaupotenza.com
Indra Pomi

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan memulai pembangunan jalan utama menuju Komplek Perkantoran Tenayan Raya di tahun 2021.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, pembangunan jalan utama akan dibangun dari Jalan Hangtuah, tepatnya pada Simpang BPG yang akan terhubung ke Jalan Tujuh Puluh, Tenayan Raya.

Indra menyebut, akses jalan yang digunakan menuju Perkantoran Tenayan Raya saat ini adalah Jalan Badak yang menghubungkan Jalan Hangtuah ke Jalan Tujuh Puluh. Namun Jalan Badak hanya sementara dan bukan jalan utama. 

"Jadi sebenarnya, Jalan Badak ini kan jalan sementara. Untuk akses ke perkantoran Tenayan Raya ini ada beberapa jalan," kata Indra Pomi, Senin (27/7). 

Menurutnya, saat ini hanya ada satu akses jalan menuju Komplek perkantoran Tenayan Raya yaitu Jalan Badak. Jalan itu juga digunakan untuk akses ke Kawasan Industri Tenayan (KIT). 

Untuk pembangunan jalan utama dari simpang BPG menuju Jalan Tujuh Puluh, dikatakan Indra saat ini masih dalam tahapan pembebasan lahan. Panjang ruas Jalan itu mencapai 5 kilometer. 

"Kita harapkan itu bisa kita bebaskan tanahnya dan kita kerjakan. Malah pak Walikota berharap di tahun 2021 kita sudah bisa membuka jalan itu," jelasnya. 

Selain itu beberapa akses jalan lainnya dikatakan Indra juga akan dimulai pembangunan nya pada tahun 2021. Seperti Jalan Auto Ringroad yang menghubungkan Jalan Tujuh Puluh ke Jalan Lintas Timur (Pekanbaru-Kerinci). 

Untuk pendanaan sendiri bersumber dari Anggaran Pengeluaran Belanja Negara (APBN) tahun 2021 melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). "Dibiayai oleh APBN melalui DAK. Dana pusat yang diberikan ke daerah, boleh membangun jalan-jalan yang jadi kewenangan daerah," ungkapnya. rpz