Pemko Tetap Izinkan Salat Idul Adha di Masjid


riaupotenza.com
Dr Firdaus

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tetap mengizinkan pelaksanaan ibadah salat Idul Adha 1441 Hijriah di masjid. Pelaksanaan salat Idul Adha dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam massa pandemi covid-19. 

Walikota Pekanbaru. Dr Firdaus mengatakan, saat ini Kota Pekanbaru saat ini kembali masuk dalam zona merah dengan angka rasio penyebaran Covid-19 1,2. Meski tingkat penyebaran kembali meningkat, Pemko Pekanbaru tetap memberikan izin untuk pelaksanaan salat Idul Adha, Jumat (31/7) besok. 

Dari hasil diskusi tadi dengan Forkompimda dan Kemenag, insyaallah kita tetap akan memberikan izin untuk salat Idul Adha," kata Firdaus, Senin (27/7). 

Ia mengatakan, sebelumnya Pemko telah mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha dan kurban. Surat edaran itu kita keluarkan saat Pekanbaru masih dalam zona kuning.

"Tapi hari ini kita kembali ke zona merah dengan rasio tingkat penyebaran 1,2. Maka kita kaji lagi bersama forkopimda," terangnya. 

Dari kajian itu maka pelaksanaan salat Idul Adha tetap dapat dilaksanakan oleh pengurus masjid. Namun dengan pengawasan dari TNI, Polri, Kemenag, dan Pemerintah Kota dalam megedukasi masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan ditengah pelaksanaan.

Selain itu, Ia juga meminta kepada panitia pelaksanaan salat Idul Adha guna memastikan dan mempersiapkan semua ketentuan untuk menerapkan protokol kesehatan.

Terkait pelaksanaan pemotongan hewan kurban, Firdaus juga meminta kepada panitia pelaksana dapat menyalurkan langsung daging kurban ke masing-masing rumah warga. 

"Jadi ada petugas yang mengantarkan ke rumah. Agar tidak ada terjadi kerumunan," ungkap Firdaus. rpz