Baznas Sosialisasi Penguatan ZIS


riaupotenza.com
Baznas Pelalawan saat melakukan penjelasan terkait pentingnya ZIS dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat.

UKUI (Riaupotenza.com) - Badan Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pelalawan mengadakan sosialisasi penguatan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) bagi pengurus masjid, musholla dan pengurus zakat desa se-Kecamatan Ukui. Kegiatan ini memberikan pemahaman betapa pentingnya zakat dalam meningkatkan ekonomi masyarakat miskin.

‘’Sebenarnya kegiatan ini sudah lama kami Baznas agendakan. Tapi karena terkendala Covid-19 baru sekaranga bisa  dilaksanakan. Sosialisasi ini dalam rangka memberikan pemahaman tentang arti pentingnya zakat, infak dan sedekah dalam membantu perekonomian masyarakat terutama masyarakat yang kurang mampu namun mempunyai keinginan untuk berusaha,’’ kata Ketua Baznas Kabupaten Pelalawan H H Eddi Amran Lc MA, di gedung serbaguna Kecamatan Ukui, Selasa (21/7).

Dalam kegiatan yang diikuti pengurus zakat desa dan pengurus masjid serta pengurus musholla sekecamatan Ukui ini, Buya Eddi Amran menambahkan  zakat sangat urgen dalam meningkatkan perekonomian mustahik yang disalurkan melalui berbagai bentuk.

‘’Baik itu usaha perdagangan, peternakan, perikanan, perkebunan sayur maupun usaha perbengkelan dalam bentuk dana konsumtif dimana modal usaha yang diberikan 70 persen dalam bentuk barang (peralatan) dan 30 persen dalam bentuk dana operasional dan pembinaan,’’ ungkapnya.

Selain itu Baznas Kabupaten Pelalawan sambung peraih gelar Penyuluh Agama Islam Teladan Provinsi Riau Tahun 2019 lalu juga telah meluncurkan program KOMPAK (Komunitas Pelalawan Berinfak). ‘’Dengan program ini Baznas bisa lebih fleksibel dalam menyalurkan bantuannya, tidak hanya terbatas kepada 8 asnaf tapi juga seperti untuk pembangunan masjid dan musholla dan lainnya,’’ papar Eddi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pelalawan H Muhammad Rais MPdI selaku juga menyampaikan pentingnya zakat infak dan sedekah dalam membangun dan membantu perekonomian masyarakat. 

Rais juga berharap agar dimasa mendatang fungsi Baznas bukan sekedar menyalurkan bantuan dan pembinaan namun juga terlebih dahulu memberikan pelatihan atau diklat kewirausahan kepada calon penerima sehingga kegiatan ini lebih tepat sasaran dan berdayaguna. amr