KPU Gelar Bimtek Pemutakhiran Daftar Pemilih


riaupotenza.com

UKUI (Riaupotenza.com) - Dalam rangka menyukseskan tahapan  Pemilu kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati  Kabupaten Pelalawan Tahun 2020. KPU Kabupaten Pelalawan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pemutakhiran daftar pemilih  bagi  Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Petugas Pemutahkiran Daftar Pemilih (PPDP) se-Kecamatan Ukui.

‘’Tahapan  pemutakhiran daftar pemilih merupakan salah satu tahapan yang sangat penting bagi kesuksesan pelaksanaan Pemilu, karena ini  menyangkut hak pilih masyarakat yang sudah dijamin oleh undang-undang,’’ Komisioner KPU Kabupaten Pelalawan H Priyono, Kamis (16/7) di Gedung Serbaguna Kecamatan Ukui tempat berlangsungnya Bimtek.

Priyono mengharapkan agar para  petugas yang melakukan coklit (pencocokan dan penelitian) mulai tanggal 15 Juli sampai dengan 13 Agustus 2020 melakukan pencocokan dan penelitian sesuai aturan yang sudah  ditentukan.

Dicontohkannya, seperti melakukan pendataan door to door, memakai atribut dan  APD yang telah  disediakan seperti masker, face shield, sarung tangan, dan hand sanitizer. ‘’Hal ini dilakukan sebagai upaya proteksi  bagi para petugas agar tidak terpapar virus Covid-19 yang  saat  ini sedang mewabah dan memang sesuai protokol kesehatan serta upaya agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak dapat memilih disebabkan tidak terdaftar,’’ paparnya.

Kesempatan yang sama,  Kasi Pemerintahan Kecamatan Ukui Aprikamarzah menyampaikan harapannya agar para peserta selaku petugas pemutakhiran daftar pemilih agar dapat memanfaatkan kegiatan ini sebaik mungkin guna menambah wawasan dalam pendataan daftar pemilih dan dapat mensosialisasikannya pada masyarakat. 

‘’Saya juga berpesan kepada para petugas agar selalu memperhatikan protokol kesehatan dalam menjalankan tugas guna mengantisipasi penularan virus Covid 19, dengan cara menjaga jarak, selalu memakai masker, sarung tangan dan  cairan hand sanitizer,’’ ungkapnya mewakili Camat Ukui Amri Juharza SKom.

Tampak hadir dalam kegiatan itu Ketua PPK Ukui Asril, Ketua Panwascam Ukui Martunus, SAg, Kapolsek Ukui diwakili Brigadir Sihombing, Danposramil diwakili Apriwan, PPS dan PPDP peserta bimtek. amr