Dua Da’i Mengabdi di Suku Akit


riaupotenza.com
Acara serah terima dua da’i Pedalaman untuk muallaf Suku Akit bersama pejabat Pemerintahan Kecamatan Kuala Kampar.

KUALAKAMPAR (Riaupotenza.com) - Suku Akit yang berada di Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan memang perlu perhatian dalam banyak hal. Apalagi bagi mereka yang baru memeluk Islam atau muallaf. Baik dibidang ekonomi, pendidikan terlebih lagi bidang keagamaan.

Kondisi ini menjadi perhatian khusus banyak pihak. Tahun ini, Yayasan Pembinaan Muallaf Riau (YPMR) berkolaborasi dengan dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengirimkan dua da’i. Kedua pembimbing bidang keagamaan ini diutus untuk membina dan membimbing Suku Akit yang beragama Islam juga masyarakat umum di Desa Teluk Kecamatan Kuala Kampar.  

‘’Alhamdulillah penyerahan da'i untuk mualaf Desa Teluk dan Suku Akit sudah dilaksanakan. In syaa Allah mereka akan memgabdi di sini selama satu tahun,’’ kata Ketua YPMR Riau HM Gohan Matondang SPdI didampingi Waka YPMR Dedi Azwandi, Rabu (15/7/2020).

Menurut pria yang juga mengabdi di Muallaf Center Baznas (MCB) Pelalawan dua da’i yang telah diutus beberapa hari lalu yakni Ustadz Ricky Ahmad Candra SSos lulusan STID Mohammad Natsir Jakarta dan Ustadz Jeffrey Resandy SHI jebolan IAIN Imam Bonjol Padang.

‘’Mereka, da’i pedalaman ini akan mengabdi selama satu tahu. Dan Alhamdulillah ini program tahun ke-3,’’ jelasnya sambil menyebutkan dua tahun program yang sama terlaksana atas kerjasama YPMR bersama Dewan Dakwah.

‘’Tahun ini disponsor oleh Baznas Provinsi Riau,’’ sambung Dedi sembari mengatakan untuk penyerahan dua da’i langsung dilakukan oleh Komisiner Baznas Riau Dr Yohanan yang juga Pengurus YPMR.

Selain dua da’i pedalaman, tutur Dedi masih ada satu lagi yang masih bertahan untuk melakoni hari-harinya bersama masyarakat Suku Akit yang muallaf dan warga setempat yakni Ustadz Amin. Sedangkan satu da’i lainnya yakni  Rendi pindah tugas ke Banten, lokasi muallaf Badui.

‘’Merekalah susah payah tak dirasa mengajar dan membimbing muallaf juga masyarakat umum yang mau ikut bergabung,’’ papar Dedi sambil berharap semoga upaya dakwah dan membina masyarakat Suku Akit diberikan kemudahan oleh Allah Subhanahuwata’ala. amr