Pimpin Sidang Parade Calon Taruna Akmil, Danrem 031/WB Inginkan Catar Berkualitas


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) kembali berikan peluang bagi putra-putri terbaik Indonesia untuk mengabdikan diri kepada Bangsa dan Negara melaui TNI AD. Salah satunya menjadi Perwira di lingkungan TNI AD.

Kesempatan yang hanya diberikan satu kali dalam satu tahun ini, juga di sebar pada seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Termasuk Provinsi Riau yang sebelumnya telah membuka pendaftaran bagi putri-putri terbaik Riau selama lebih kurang 10 hari, mulai dari tanggal 22 Juni hingga 1 Juli 2020.

Sesuai informasi Panitia Seleksi Calon Taruna (Catar) Akademi Militer (Akmil) TA 2020 Sub Panitia Daerah (Panda) Pekanbaru, Ajenrem 031/WB, pendaftaran Calon Taruna Akmil TA 2020 ini dibuka untuk putra-putri lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sederajat. Dimana semenjak pendaftaran dibuka mulai tanggal 22 Juni sampai dengan tanggal 1 Juli 2020 lalu ada sekitar 102 orang putra-putri terbaik di Riau yang mengikuti seleksi. Namun dari 102 orang yang ikut seleksi tersebut hanya 63 orang yang dinyatakan lulus dan masuk pada tahap berikutnya yang saat ini sudah masuk pada tahap sidang Parade Calon Taruna Akmil.

Sidang Parade Calon Taruna Akademi Militer (Akmil) Sub Panda Pekanbaru TA 2020, ini pun dipimpin lansung oleh Komandan Resor Militer (Danrem) 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed, SE, MHan, yang juga selaku Ketua Sub Panda Pekanbaru. Senin (13/7) di Aula Wiratama Jalan Mayor Ali Rasyid  No.1 Pekanbaru, yang juga didampingi, Kasrem 031/WB, Kasi Intel Rem 031/WB, Kaajen Rem, Pjs. Kasipers dan Para Panitia Penerimaan Catar Akmil TA 2020.

Menurut Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed, menjelaskan, jika seluruh Calon Taruna yang ikut seleksi tersebut telah mengikuti berbagai rangkaian seleksi ketat, mulai dari seleksi administrasi, pemeriksaan kesehatan, uji kemampuan Jasmani dan postur. Dari jumlah keseluruhan itu hanya sebanyak 63 orang yang berhasil dan dinyatakan lulus untuk mengikuti Sidang Parade Calon Taruna.

"Sidang Parade ini merupakan kesempatan bagi Calon Taruna maupun kita semua untuk melaksanakan seleksi sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh TNI AD. Sidang parade ini juga dilakukan secara ketat, cermat dan teliti guna mendapatkan calon-calon Perwira TNI AD yang terbaik untuk menjadi Pemimpin yang handal di tubuh TNI AD masa mendatang," katanya.

Disamping itu, putra asli daerah Bumi Lacang Kuning ini juga tidak lupa mengingatkan para panitia agar melaksanakan seleksi secara selektif, objektif, transparan dan akuntabel. Agar nantinya hasil yang diperoleh atau Calon Taruna yang didapatkan juga merupakan Calon Taruna yang berkualitas.

"Pilih para Calon Taruna yang benar-benar memiliki potensi untuk diproyeksikan menjadi calon pemimpin TNI AD dimasa yang akan datang. Hindari hal-hal yang tidak terpuji dan pedomani semua kriteria kelulusan sesuai peraturan yang telah ditetapkan oleh Pimpinan TNI AD," tegas mantan Danrem 101/Antasari, Banjarmasin ini.

Sebagai informasi, Calon Taruna yang lulus pada tahap sidang parade ini, berhak untuk mengikuti seleksi tingkat Panitia Daerah (Panda) yang di pusatkan di Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Medan. Pada tahapan seleksi tingkat Panda tersebut mereka harus bersaing lebih ketat lagi dengan peserta lain Se-Kodam I/BB untuk menjadi yang terbaik, agar bisa lulus ke seleksi tingkat pusat nantinya. dre