BST Tahap Pertama Tersalur Kepada 33.037 Penerima


riaupotenza.com
Hj. Martini.(int)

BENGKALIS(Riaupotenza.com) — Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bengkalis memaparkan bantuan yang disalurkan melalui Dinsos Tahun 2020. Pemaparan tersebut berlangsung di aula kantor Dinsos, Jalan Antara-Bengkalis, Kamis (2/7/2020).

Kepala Dinsos Kabupaten Bengkalis , Hj Martini dalam paparannya menjelaskan, untuk penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) ini ada 7 jenis penyalurannya, yang disalurkan oleh Dinsos. Mulai dari penyediaan jaring pengaman sosial melalui Kemensos RI, APBD Provinsi dan Kabupaten Bengkalis.  

"Ada 7 Bansos yang disalurkan Dinsos Bengkalis, kami sampaikan hari ini untuk keterbukaan kepada semua pihak agar tidak ada hal-hal yang menjadi kecurigaan masing-masing yang itu nantinya dipermasalahkan,” kata Martini.

Bantuan yang diterima Kabupaten Bengkalis dari Kemensos RI yakni Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)  dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Lalu APBD Provinsi Riau yakni Bantuan Keuangan Khusus Kepada Pemda Kabupaten untuk Masyarakat terdampak Covid-19 (BST Provinsi) sedangkan dari Kabupaten Bengkalis berupa Pemenuhan Kebutuhan Dasar ODP yang dikarantina, Bantuan Sosial Tunai (BST) Kabupaten serta Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Otonom.

Untuk penyaluran Bansos kepada penerima, Dinsos Kabupaten Bengkalis dipantau menggunakan aplikasi Mata Bansos untuk memantau dan mengendalikan penyaluran Bansos kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di Kabupaten Bengkalis, khususnya yang bersumber dari Bantuan Keuangan Provinsi Riau Tahun 2020.

"Dimana aplikasi ini dirasa cukup efektif dalam memantau penerima bantuan kepada yang benar-benar berhak menerima dan dapat mendeteksi apabila satu penerima mendapatkan beberapa jenis Bansos,” terang Martini.

Selain Dinsos, aplikasi Mata Bansos juga dapat diakses oleh Kejaksaan Negeri Bengkalis serta sejumlah pihak terkait lainnya.

Terkait kapan penyaluran Bansos yang belum berjalan, Martini mengatakan akan mengupayakan secepatnya, agar penerima dapat memanfaatkan bantuan dengan maksima.

“Kamipun ya menginginkan secepatnya, ini sedang diupayakan dengan berkoordinasi melalui beberapa pihak. Kami akan melakukan yang terbaik, sama seperti yang lainnya kami juga ingin pekerjaan ini cepat selesai,” harap Martini.

Menurut Hj. Martini lagi, total BST untuk masyarakat terdampak Covid-19, hingga April 2020 telah selesai disalurkan tahap pertama. Sesuai rekening korban Bankriaukepri Cabang Bengkalis per 23 Juni 2020, total dana yang disalurkan Rp 19.738.600.000.

Dikatakannya lagi, jumlah kuota masyarakat penerima BST sebanyak 34.240 kepala keluarga (KK). Yang sudah disalurkan untuk 32.828 KK. Sedangkan kuota untuk anak panti asuhan 209 jiwa. Jadi total penerima untuk tahap pertama (April 2020) sebanyak 33.037 penerima.

Hadir dalam pemaparan tersebut Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis Reza Noverindra, Inspektur Kabupaten Bengkalis Rafiardi Ikhsan, Kalaksa BPBD Bengkalis Tajul Muddaris, Kepala Kejaksaan Negeri Bengkalis diwakili Kasubsi Penyidikan Seksi Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Ferry Dewantoro Nugroho, Kapolres Benkgkalis diwakili Kasat Intelkam Polres Bengkalis AKP Deni Afrial, Kepala Bidang (Kabid) Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda Juminanin Hartatik, Kabid Sumber Daya Komunikasi dan Informasi Diskominfotik Ruffi Ayeni.kar