Kembali Raih WTP, Pemko Didorong Selesaikan TLRHP


riaupotenza.com
Ilustrasi. Net

PEKANBARU (Riaupotenza.com) -=Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang keempat kalinya sejak 2016 lalu. Penilaian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Riau, pemerintah daerah sudah baik dalam pengelolaan keuangan.

Penyerahan ini dilakukan di Auditorium Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Riau, Selasa (30/6) oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Riau Thomas Ipoeng Andjar Wasita.

"Saya mengapresiasi capaian opini WTP. Kami memberikan opini ini berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2019," kata Kepala Perwakilan BPK Provinsi Riau Thomas Ipoeng Andjar Wasita digelar di Auditorium, usai kegiatan. 

Meski begitu, pemerintah kabupaten dan kota di Riau diminta mendorong jajarannya dalam percepatan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan (TLRHP) tahun 2019. Pasalnya, oercepatan TLRHP Pemko hanya 68 persen per 31 Desember 2019.

"Pemko Pekanbaru sudah menuntaskan sebagian besar rekomendasi dari kami. Hanya tinggal tujuh persen lagi rekomendasi yang harus mereka tuntaskan," jelasnya.

Seharusnya, rekomendasi BPK dituntaskan hingga 75 persen. Makanya, TLRHP harus digesa. Tak hanya Pemko Pekanbaru, hal yang sama juga didapati di TLRHP pemerintah kabupaten dan kota lainnya di Riau.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, opini WTP diraih empat kali berturut-turut yaitu tahun 2016, 2017, 2018, dan 2019. Meski begitu, ada rekomendasi BPK Perwakilan Riau yang harus ditindaklanjuti.

Menurutnya, dari pemeriksaan tahun 2019 lalu, pada dasarnya tidak ada catatan diberikan oleh BPK. Namun, diungkapkannya lagi, ada administrasi dari 10 tahun yang lalu yang perlu diselesaikan. rpz