Alhamdulillah, Hasil Swab Seluruh Pegawai Puskesmas Rumbai Negatif


riaupotenza.com
Ilustrasi. Net

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Hasil tes swab yang dilakukan terhadap seluruh tenaga kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Rumbai, Jalan Sekolah, Kecamatan Rumbai Pesisir, telah keluar. Seluruh tenaga kesehatan di Puskesmas itu dinyatakan tidak ada yang terpapar covid-19. 

Hal itu disampaikan langsung oleh juru bicara bidang kesehatan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru, dr Mulyadi dalam konferensi persnya, Selasa (1/7/2020) sore. 

Seluruh pegawai Puskesmas dinyatakan negatif covid-19 sesuai hasil pemeriksaan swab test terhadap 45 pegawai Puskesmas. "Hasil swabnya hari ini sudah kita terima, semuanya negatif," kata Mulyadi. 

Dijelaskannya, bahwa seluruh tenaga kesehatan di Puskesmas Rumbai sebelumnya diminta menjalani tes swab pasca adanya salah seorang dokter internsip atau magang di puskesmas tersebut dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Dokter tersebut merupakan warga asal Kabupaten Kampar yang bertugas di Puskesmas Rumbai. 

"Dan alhamdulillah, dokter internsip tersebut juga sudah dinyatakan sembuh. Hasil swabnya 2 kali negatif dan saat ini sudah dipulangkan (dari rumah sakit)," jelasnya. 

Pasca seorang dokter internsip di Puskesmas Rumbai dinyatakan positif Covid-19 pada 23 Juni 2020 lalu, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru pun langsung menutup sementara pelayanan di Puskesmas Rumbai dan meminta seluruh nakes menjalani tes swab. 

Mereka juga diminta melakukan isolasi mandiri hingga hasil tes swab keluar. Saat ini, pelayanan kesehatan di Puskesmas Rumbai sudah kembali dibuka seperti biasa karena seluruh pegawai dinyatakan tidak ada yang terpapar virus corona.

"Untuk hasil tes swab massal yang kita lakukan di pasar pusat kemarin, hasilnya belum kami terima, sehingga belum dapat kami laporkan hasilnya," pungkasnya. 

Hingga saat ini total kasus pasien positif di Pekanbaru mencapai 85 orang. Sebanyak 19 orang masih dirawat, 60 orang dinyatakan sembuh, dan 6 lainnya meninggal dunia. 

Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 6.561. Sebanyak 521 orang masih dipantau, dan 6.040 orang selesai pemantauan. 

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 770. Sebanyak 57 orang masih dirawat. 645 orang dinyatakan sehat, 68 orang meninggal dunia. rpz