Ondeee, Hasil Swab Tak Kunjung Keluar


riaupotenza.com
Ilustrasi. Net

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Hasil pemeriksaan tes swab masal yang dilakukan tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 bersama Dinas Kesehatan Provinsi Riau, di Pasar Pusat, Jumat (26/6) lalu belum kunjung keluar hingga saat ini. 

Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum menerima hasil tes swab yang di uji Laboratorium Biomolekuler di RSUD Arifin Ahmad. 

"Sampai sekarang belum keluar hasilnya. Ada 260 orang yang ikut dalam swab masal kemarin," kata Zaini, Selasa (30/6). 

Zaini menyebut, hasil swab yang juga dilakukan di beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) hasil tracing (pelacakan kontak) enam ASN pemko Pekanbaru yang dinyatakan positif juga belum kunjung keluar. 

"Untuk hasil swab di beberapa OPD kemarin juga belum keluar," jelasnya.

Menurutnya, hasil tracing dari enam ASN Pemko Pekanbaru yang dinyatakan positif mencapai puluhan orang. Itu tersebar di beberapa OPD. Seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPKAD, dan Disperindag. 

Ia menuturkan, tes swab dilakukan kepada kontak erat terdekat pasien positif covid-19. Sementara tes swab yang diselenggarakan di Pasar pusat dilakukan kepada ODP yang tercatat di tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Pekanbaru, pedagang, dan pengunjung pasar pusat. 

"Iya kita berharap hasilnya supaya bisa cepat keluar. Supaya tracing bisa kita lakukan lagi kalau seandainya ada yang positif," ungkapnya. rpz