Daya Tampung Sekolah Negeri Terbatas, Disdik Kirim Imbauan ke Sekolah Swasta


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMP dimulai, Rabu (1/7/2020). PPDB akan berlangsung secara online dan menerapkan sistem zonasi atau berdasarkan jarak tempat tinggal siswa dengan lokasi sekolah. 

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas mengatakan, daya tampung SMP di Kota Pekanbaru terbatas. 45 SMP negeri di Kota Pekanbaru hanya bisa menampung sekitar 8.000 peserta didik.

Jumlah tersebut jauh dari jumlah peserta didik yang pada tahun ini lulus SD dan hendak melanjutkan ke SMP, dengan jumlah mencapai 17.629 peserta didik. 

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas tidak menampik bahwa daya tampung SMP negeri di Kota Pekanbaru terbatas. Apalagi saat ini PPDB tahun 2020 di Kota Pekanbaru menerapkan sistem zonasi.

"Kalau seandainya tidak masuk zonasi jangan dipaksakan. Pendidikan itu kan tidak hanya diolah oleh negeri saja, tapi juga ada pihak swasta," kata Ismardi.

Keterbatasan daya tampung membuat sejumlah calon peserta didik tidak bisa masuk ke sekolah pilihannya. Ia mengimbau kepada calon peserta didik yang tidak tertampung di sekolah negeri bisa ke sekolah swasta. "Kita sarankan mereka (peserta didik) ke swasta," ulasnya.

Pihaknya juga mengimbau pihak swasta agar tidak memungut biaya terlalu tinggi. Imbauan ini seiring kondisi ekonomi yang terkena dampak covid-19.

"Kita akan buatkan imbauan nya nanti ke swasta, agar sekolah tetap bisa hidup, tetapi jangan terlalu menekan biaya," ungkapnya. rpz