Pemko Kembali Lelang Jabatan, Apa Saja


riaupotenza.com
Firdaus

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Wali Kota Pekanbaru, DR Firdaus akan kembali melelang jabatan pimpinan tinggi pratama dalam pekan ini. Ada jabatan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru dan empat jabatan pratama lainnya yang saat ini diisi pelaksana tugas (Plt) pasca dilakukan pelantikan, Jumat (26/6/2020) lalu. 

Firdaus mengatakan, ia sudah membentuk tim asesor lagi untuk mengisi jabatan Sekdako Pekanbaru definitif. Pasalnya saat ini, pejabat sekda masih diisi Plt yang dijabat Muhammad Jamil. 

"Kita sudah bentuk tim asesor lagi. 5 jabatan nanti mulai lelang awal bulan depan. Siapa yang berminat jadi sekda silahkan daftar," kata Firdaus, Senin (29/6/2050). 

Jabatan yang dijabat Plt saat ini adalah kepala Dinas Pendidikan, Asisten III, kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), sekretaris daerah, dan sekretaris DPRD. Jadi ada lima jabatan kosong atau tidak ada pejabat definitifnya. 

Menurutnya, panitia lelang sudah dibentuk untuk asesor. Mereka yang ikut lelang tim dak hanya Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Namun, dikatakan Firdaus, lelang dilakukan secara terbuka. "Siapa saja bisa ikut. Dari pemprov pun bisa ikut," jelasnya.

Khusus untuk jabatan Sekdako Pekanbaru, Firdaus menerangkan, tidak hanya rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Tetapi pemilihan Sekdako juga disertai rekomendasi dari Gubernur Riau. 

Ia juga memastikan, dalam lelang jabatan tersebut dilakukan secara transparan melalui assesment. Saat ini pun sudah berproses untuk tahapan lelang. Ia berharap proses lelang dapat segera dilakukan awal bulan atau pada pekan ini agar pejabat yang dijabat Plt dapat menjadi pejabat definitif. rpz