Tingkatkan Ketahanan Pangan, Polsek Bangko Budidaya Ikan dan Tanam Palawija


riaupotenza.com

BAGANSIAPIAPI (Riaupotenza.com) - Guna meningkatkan ketahanan pangan di masa Pandemi Covid-19, Polsek Bangko membuat budidaya ikan kolam dan menanam tanaman palawija. Kegiatan ini juga dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke 74 tahun.

Penaburan bibit ikan dan penanaman tanaman palawija secara simbolis dilakukan langsung oleh Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK, Selasa (23/6) sekira pukul 11.00 Wib di dua lokasi berbeda.

Program ketahanan pangan Polsek bangko yang di bentuk Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH yaitu budidaya ikan nila yang di bina oleh Bhabinkmatibmas Bagan Barat serta Bhabinkamtibmas Bagan Jawa. Dalam hal ini Polsek Bangko bermitra dengan pondok pesantren Roudhotul Jannah, Bagansiapiapi.

Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto mengatakan, semoga budidaya ikan nila ini nantinya dapat membantu pondok pesantren serta menjadikan aktifitas positif santri dan pengasuh pondok pasantren.

"Semoga ini semua dapat membantu perekonomian masyarakat dan dalam kondisi pandemi ini ketahanan pangan kita tetap terjaga dan stabil. Saya harap masyarakat dapat mengembangkan," katanya. 

Sedangkan program penanaman tanaman palawija, kata mantan Kapolsek Bangko ini, pihaknya menanam benih kacang, timun dan jagung di desa Labuhan Tangga Besar yang di bina oleh Bhabinkamribmas Labuhan Tangga Besar, bekerja sama dengan BRG (Badan Restorasi Gambut) serta Penghulu Labuhan Tangga Besar di lahan Kelompok tani Gambut Jaya Abadi.

Adapun lahan kegiatan penanaman palawija tersebut memanfaatkan lahan gambut yang diolah sehingga lahan yang tadinya hanya dibuat untuk menanam sawit oleh masyarakat dijadikan lahan tumpang sari, diolah sedemikian rupa, sehingga lahan gambut bisa dimanfaatkan untuk aktifitas lahan pertanian masyarakat yang dapat menghasilkan dan meningkatkan perekonomian. iin