Waduh, Pasien Positf Covid-19 Riau Bertambah 27, Satu Meninggal Dunia


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Tim Gugus Tugas Covid-19 Riau kembali umumkan penambahan kasus pasien positif di Provinsi Riau. Yaitu sebanyak 27 kasus yang kembali meningkat drastis dari satu hari sebelumnya sebanyak 24 kasus.

Peningkatan kasus ini menjadikan jumlah kasus positif Covid-19 di Riau menjadi 193 orang. Dengan rincian 68 dirawat, 117 sembuh dan 8 pasien meninggal dunia. Penambahan pasien tersebut merupakan hasil tracking kontak dari pasien positif sebelumnya dan juga pelaksanaan tes swab masal yang di gesa Pemprov Riau bersama kabupaten kota.

Juru bicara (Jubir) penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi mengatakan, penambahan pasien positif Covid-19 yang cukup drastis ini diharapkan menjadi data dan cambuk bagi masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi penularan. Sehingga kedepan tidak lagi ada yang menyepelekan penerapan protokol kesehatan. Karena saru-satunya jalan untuk bisa mengatasi penularan itu dengan disiplin dengan himbauan.

"Jadi jangan ada lagi yang menyepelekan himbauan ini. Karena resikonya nyata dan bisa menimpa kapan saja," katanya.

Saat ini tegasnya, untuk kasus Covid-19 ini kembali pada masyarakat secara bersama-sama. Artinya apakah akan diturunkan atau dinaikan penyebarannya tergantung pada masyarakat.

"Yang pasti kuncinya untuk mengantisipasi ini hanya 3 yaitu, disiplin, disiplin dan disiplin," katanya.

Terkait penerapan kembali PSBB sesuai peningkatan drastis pasien positif, dokter spesialis paru ini mengatakan. Semua itu tergantung keputusan pemerintah dan tim gugus tugas se kabupaten kota yang saat ini dalam melakukan pembahasan.

"Saat ini sedang dalam pembahasan mudah-mudahan dalam waktu dekat akan diputuskan bersma-sama," ujarnya.

Lebih jauh katanya, 27 pasien positif tersebut kata dr indra Yovi, berasal dari beberapa Kabupaten kota di Riau, yaitu, Indragiri Hilir, Pekanbaru, Bengkalis, Kampar, Kuansing, Siak dan Dumai yang saat juga sedang dirawat di masing-masing rumuah sakit rujukan.

Sedangkan untuk rincian penambahan pasien positif covid-19 yaitu, Pasien 167 positif covid-19 di Riau adalah Ny. AKD (39) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Indragiri Hilir. Ny. AKD (39) merupakan tenaga Kesehatan yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan.

Pasien 168 positif covid-19 di Riau adalah Ny. DF (41) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Indragiri Hilir. Ny. DF (41) merupakan tenaga Kesehatan yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan.

Pasien 169 positif covid-19 di Riau adalah Tn. R (38) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Indragiri Hilir. Tn. R (38) merupakan karyawan yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan.

Pasien 170 positif covid-19 di Riau adalah Tn. KHN (14) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Indragiri Hilir. Tn. KHN (14) merupakan hasil pengembangan dari pelaksanaan test rapid masal di Kabupaten Indragiri Hilir. 

Pasien 171 positif covid-19 di Riau adalah Nn. K (18) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Indragiri Hilir. Nn. K (18) merupakan hasil tracing dan kontak erat dari pasien positif covid-19 kasus ke 160  Ny. IS (26). 

Pasien 172 positif covid-19 di Riau adalah Ny. M (45) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Indragiri Hilir. Nn. M (45) merupakan hasil tracing dan kontak erat dari pasien positif covid-19 kasus ke 160  Ny. IS (26).

Pasien 173 positif covid-19 di Riau adalah Tn. M (64) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Indragiri Hilir. Tn. M (64) merupakan hasil penemuan kasus positif dari pelaksanaan swab masal di Kabupaten Indragiri Hilir.

Pasien 174 positif covid-19 di Riau adalah Tn. MS (47) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Indragiri Hilir. Belum diketahui riwayat penularan dari Tn. MS (47) karena tidak memiliki riwayat perjalanan dan kontak erat dengan pasien positif covid-19.

Selein itu, Pasien 175 positif covid-19 di Riau adalah Ny. RZ (52) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Indragiri Hilir. Ny. RZ (45) merupakan hasil tracing dan kontak erat dari pasien positif covid-19 kasus ke 128  Ny. R (39).

Pasien 176 positif covid-19 di Riau adalah Tn. BK (22) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Indragiri Hilir. Tn. BK (22) memiliki riwayat perjalanan dari Provinsi Lampung.

Pasien 177 positif covid-19 di Riau adalah Tn. BK (31) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Indragiri Hilir. Tn. BK (31) merupakan hasil penemuan kasus positif dari pelaksanaan swab masal di Kabupaten Indragiri Hilir.

Pasien 178 positif covid-19 di Riau adalah Tn. MI (30) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Indragiri Hilir. Tn. MI (30) merupakan hasil penemuan kasus positif dari pelaksanaan swab masal di Kabupaten Indragiri Hilir.

Pasien 179 positif covid-19 di Riau adalah Nn. RAR (14) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Indragiri Hilir. Nn. RAR (14) merupakan hasil penemuan kasus positif dari pelaksanaan swab masal di Kabupaten Indragiri Hilir. Nn. RAR (14) juga memiliki riwayat perjalanan dari Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

Pasien 180 positif covid-19 di Riau adalah Nn. FAR (9) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Indragiri Hilir. Nn. FAR (9) merupakan hasil penemuan kasus positif dari pelaksanaan swab masal di Kabupaten Indragiri Hilir. Nn. FAR (9) juga memiliki riwayat perjalanan dari Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

Pasien 181 positif covid-19 di Riau adalah Ny. NP (26) yang merupakan warga Kota Pekanbaru dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Ny. NP (26) merupakan hasil tracing dan kontak erat dari pasien positif covid-19 kasus ke 134 Tn. NC (47).

Pasien 182 positif covid-19 di Riau adalah Tn. HS (35) yang merupakan warga Kota Pekanbaru dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Tn. HS (35) memiliki riwayat perjalanan dari Provinsi Sumatera Selatan.

Pasien 183 positif covid-19 di Riau adalah Tn. N (83) yang merupakan warga Kota Pekanbaru dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Belum diketahui Riwayat penularan dari Tn. N (83) karena tidak memiliki Riwayat perjalanan dan kontak erat dengan kasus positif covid-19.

Pasien 184 positif covid-19 di Riau adalah Ny. MJ (60) yang merupakan warga Kota Pekanbaru dan saat ini sudah meninggal dunia. Belum diketahui Riwayat penularan dari Ny. MJ (60) karena tidak memiliki Riwayat perjalanan dan kontak erat dengan kasus positif covid-19.

Pasien 185 positif covid-19 di Riau adalah Ny. YS (78) yang merupakan warga Kota Pekanbaru dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Belum diketahui Riwayat penularan dari Ny. YS (78) karena tidak memiliki Riwayat perjalanan dan kontak erat dengan kasus positif covid-19.

Seterusnya, Pasien 186 positif covid-19 di Riau adalah Tn. R (49) yang merupakan warga Kota Dumai dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Dumai. Tn. R (49) merupakan hasil penemuan kasus positif dari pelaksanaan swab masal di Kota Dumai.

Pasien 187 positif covid-19 di Riau adalah Tn. WSH (61) yang merupakan warga negara asing (Malaysia) yang sedang berkunjung ke Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis untuk melayat keluarga yang meninggal dunia. Tn. WSH (61)  saat ini sudah diisolasi dan dirawat di salah satu rumah sakit swasta di Kota Pekanbaru. 

Pasien 188 positif covid-19 di Riau adalah Ny. Y (36) yang merupakan warga Kabupaten Kampar dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Ny. Y (36) merupakan hasil tracing dan kontak erat dari pasien positif covid-19 kasus ke 137 Tn. IB (30) yang termasuk dalam klaster Bank BRI.

Pasien 189 positif covid-19 di Riau adalah Tn. GW (65) yang merupakan warga Kabupaten Kampar dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Belum diketahui riwayat penularan dari Tn. GW (65) karena tidak memiliki riwayat perjalanan dan kontak erat dengan kasus positif covid-19.

Pasien 190 positif covid-19 di Riau adalah Ny. SS (29) yang merupakan warga Kabupaten Kampar dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Belum diketahui riwayat penularan dari Ny. SS (29) karena tidak memiliki riwayat perjalanan dan kontak erat dengan kasus positif covid-19.

Pasien 191 positif covid-19 di Riau adalah Tn. IMT (39) yang merupakan warga Kabupaten Kuantan Singingi dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Kuantan Singingi. Belum diketahui riwayat penularan dari Tn. IMT (39) karena tidak memiliki riwayat perjalanan dan kontak erat dengan kasus positif covid-19.

Pasien 192 positif covid-19 di Riau adalah Ny. A (47) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Pelalawan. Ny. A (47) memiliki riwayat perjalanan ke Kota Pekanbaru.

Pasien 193 positif covid-19 di Riau adalah Tn. S (61) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hulu dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Indragiri Hulu. Tn. S (61) memiliki riwayat perjalanan ke Kota Pekanbaru.

Untuk kabar dukanya, pasien positif covid-19 yang dinyatakan meninggal dunia karena covid-19 adalah Ny. MJ (60) yang merupakan warga Kota Pekanbaru. Sampai hari ini, Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad telah memeriksa 6792 spesimen. Sedangkan terkait    PDP yang masih dirawat berjumlah 121 pasien, PDP negatif covid-19 dan dipulangkan berjumlah 1.512 orang, dan PDP meninggal dunia berjumlah 176 orang dengan total PDP berjumlah 1.809 orang.

"Sementara untuk    ODP dalam pemantauan berjumlah 3.830 orang, ODP sudah selesai pemantauan berjumlah 72.395 orang," tuturnya. dre