Gawat! Belasan Gajah Masuk Kampung


riaupotenza.com
Kawanan gajah berada di pinggir Desa Sotol, Langgam di tepi Sungai Kampar.

LANGGAM (Riaupotenza.com) - Ada yang berbeda beberapa hari terakhir di Desa Sotol Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan. Bukan karena ada keramaian. Tapi, warga dikagetkan dengan hadirnya belasan ekor gajah. Kendati tidak mengganggu masyarakat, tapi tanaman sawit warga di pinggir sungai dirusak kawanan belalai panjang ini.

''Iya memang betul sudah dua tiga hari terakhir ada kawanan gajah yang masuk di pinggir Desa Sotol,''jelas Camat Langgam Sugeng Wiharyadi SSos, Selasa (23/6).

Camat mengaku tidak mengetahui gajah tersebut berasal dari mana hingga masuk kampung. ''Belum tahu kita asal muasal gajah-gajah tersebut,'' imbuh Camat. 

Sugeng Wiharyadi juga membantah kalau kawanan gajah yang diperkirakan berjumlah sekitar 12 ekor itu mengamuk. ''Tak ada mengamuk, cuma sawit yang di tanami warga di pinggir sungai memang dirusak atau dimakannya. Sawit itu yang ditanam tepi sungai kalau berbuah alhamdulillah, kalau tidak masalah. Macam sawit untuk penahan tebing agar tak roboh,'' ungkapnya. 

Kendati demikian, lanjut Camat Langgam. Kawanan hewan yang dilindungi dan berbobot bonsor ini masih ada di sekitaran tepi Sungai Kampar Kiri. 

''Saya sudah minta kepala desa untuk melapor ke BKSDA. Warga pun menjaga kebunnya masing-masing, khawatir kalau merusak kebun masyarakat pula,'' bebernya. 

Camat Langgam berharap pihak terkait segera menangani kawanan gajah yang masuk di salah satu wilayah yang dipimpinnya itu.''Tadi saya juga sudah minta Kades Sotol untuk melapor. Namun yang jelas kita minta segera ditangani lah agar tidak terjadi konflik pula dengan masyarakat,'' paparnya sambil mengingatkan agar warganya juga tidak melakukan tindakan yang membahayakan terhadap hewan dilindungi negara itu. 

Dari video warga yang beredar, tampak belasan ekor gajah yang berada di tepi sungai. Hewan konservasi ini tampak tidak terusik dengan kehadiran warga yang menggunakan pompong melintas sekaligus merekam aktifitas kawanan hewan liar di pinggir sungai. amr