Media Berperan Penting Hidupkan Pesta Demokrasi


riaupotenza.com

BAGANSIAPIAPI (Riaupotenza.com) - Guna mensukseskan dan menghidupkan pesta demokrasi Pilkada serentak 2020 Kabupaten Rokan Hilir 9 Desember mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rohil Senin (22/6/2020) pagi mensosialisasikan tahapan, program dan jadwal pemilihan Bupati dan Wakil Bupati kepada wartawan.

Ketua KPU Rohil Supriyanto SPI MSi, mengatakan, sosialisasi kepada media massa ini seharusnya sudah dilaksanakan jauh hari pada tahun 2019 akhir, maka harusnya dilakukan pada awal tahun 2020, namun karena adanya penundaan maka baru hari ini dapat dilaksanakan.

Untuk berkualitasnya pemilihan serentak dan dapat terlaksana secara baik, maka syarat berkualitas itu pertama penyelenggaraan itu kredibilitas, kemudian kontestan dana masyarakat harus terlibat aktif memperlancar dan menjadikan Pemilukada berjalan secara baik karena aktor utamanya adalah masyarakat.

"Kita berharap dari hasil sosialisasi ini, rekan wartawan dapat membantu menyebarluaskan informasi tentang Pilkada ini agar masyarakat dapat dicerdaskan. Karena peran media massa ini sangat besar. Media massa juga dapat mempertegas kualitas demokrasi," kata Supriyanto.

Sambungnya lagi, penyelenggara juga dituntut dalam kondisi pandemic Covid-19 ini maka tidak hanya melihat kualitas pemilu, namun juga mengedepankan kualitas kesehatan masyarakat, penyelenggara dan sebagainya.

"Harapan kami kepada media, karena media berperan penting dalam menghidupkan demokrasi di negeri ini. Mengawal proses demokrasi yang berkualitas, karena setiap peristiwa yang terjadi maka pasti di publikasikan oleh media. Peran penting media sangat kuat," sebutnya.

Komisioner KPU Hendra SE selaku pemateri menyampaikan, dilaksanakannya Pilkada serentak 2020 ini setelah tertunda selama tiga bulan lalu dengan dasar hukum PKPU perubahan ketiga dan ini yang keempat, PKPU nomor 5 tahun 2020 nomor 108 tahun 2020.

"Dengan dimulainya kembali Pilkada serentak ini, maka kita sekarang sudah menjalani tahapannya, salah satunya kegiatan sosialisasi ini. Semoga Pilkada serentak ini lebih hidup dan berwarna," pungkasnya. iin