Kukerta Covid-19 Unri di Desa Tanjung Simandolak

Mulai Semprot Disinfektan hingga Bagikan Masker


riaupotenza.com
Mahasiswa Relawan Covid-19 Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (Unri) di Desa Tanjung Simandolak membagikan masker gratis kepada masyarakat.

KUANSING (Riaupotenza.com) - Mahasiswa Relawan Covid-19 Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (Unri) di Desa Tanjung Simandolak Kecamatan Benai melakukan beberapa kegiatan untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. 

.Ada tiga kegiatan yang dilakukan Kukerta Covid-19 Unri, diantaranya penyemprotan cairan disinfektan dan membuat tempat cuci tangan yang diletakkan di sejumlah tempat umum. 

"Ketiga, kita melakukan pembagian masker gratis kepada masyarakat Desa Tanjung Simandolak," kata Ketua Kukerta Covid-29 Unri di Desa Tanjung Simandolak Apriyani Darwin kepada Pekanbaru Pos akhir pekan lalu.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, kata Apriyani mahasiswa Fakultas Keperawatan Unri ini, melibatkan anggota kelompok mereka masing-masing, Anisa Aulia dari FKIP Pendidikan Ekonomi, Viendi Risti Oktari Akuntansi FEB, Anisa Fitadaris Fakultas Keperawatan dan Nurhaliza  Akuntansi FEB.

Apriyani mengatakan kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan untuk memutus mata rantai covid-19. Karena kegiatan ini bisa membunuh virus Covid-19 sehingga dapat mencegah penularan virus corona.

Sementara kegiatan membuat tempat cuci tangan bertujuan agar masyarakat peduli dengan kesehatan. Karena saat ini banyak warga yang belum menerapkan cuci tangan dalam setiap kegiatan. 

"Kami menghimbau warga untuk peduli kesehatan dengan rutin mencuci tangan agar terhindar dari virus corona," harapnya.

Selain itu, Apriyani dan kelompoknya juga membagikan alat pelindung diri (APD) berupa masker kepada masyarakat di Desa Tanjung Simandolak. Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat dapat memproteksi diri dari penularan Covid-19. 

Menurutnya, masker merupakan salah satu alat pelindung diri yang menutupi hidung dan mulut sehingga bisa terhindar dari Covid-19. Sayangnya, banyak warga yang tidak memakai masker saat keluar rumah. 

Walaupun sekarang sudah memasuki new normal, katanya, bukan berarti Covid-19 sudah berakhir. Untuk itu perlu untuk tetap menjaga diri dengan cara menggunakan masker agar terhindar dari covid 19. 

"Kita berharap APD yang disalurkan bermanfaat bagi masyarakat. Jangan lupa pakai masker saat keluar rumah," katanya. cil