PPDB Secara Online

Ingat! Pendaftaran Dibatasi


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMP di Kota Pekanbaru direncanakan mulai 1-7 Juli mendatang. Pasca pandemi covid-19 pendaftaran akan dilakukan secara online. 

Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru memperpanjang jadwal pendaftaran dari biasanya yang hanya bergulir selama tiga hari. Para calon peserta didik bisa mengakses www.pekanbaru.siap-ppdb.com untuk pendaftaran.

"Jadi pendaftaran setiap hari kita batasi untuk menghindari penumpukan pendaftaran," kata Kepala Disdik Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, hari ini.

Pihak sekolah nantinya tetap membuka ruangan untuk input data walau proses pendaftaran secara online.

Kebijakan ini mempertimbangkan banyaknya berkas dari para calon peserta didik saat mendaftar. Kondisi ini membuat orangtua masih menyerahkan berkas pendaftaran ke sekolah.

Bagi yang bermasalah atau mengalami kendala saat mendaftar secara online maka juga dibuka layanan tatap muka disekolah yang dituju. 

Mereka membatasi pendaftaran di satu sekolah dalam sehari hanya 60 orang. Pendaftar juga harus mengikuti protokol kesehatan. 

Jamal menyebut, PPDB tahun ini masih menerapkan sistem zonasi. Ada empat jalur PPDB yakni pertama warga tempatan atau zonasi dengan kuota 60 persen. Kemudian, jalur prestasi akademik dan non-akademik 20 persen. Lalu jalur afirmasi bagi warga miskin 15 persen. Dan terakhir jalur pindahan 5 persen, ini termasuk kuota bagi anak guru. 

"Masih tetap sistem zonasi. Peserta didik harus punya Kartu Keluarga (KK) untuk memastikan sebagai warga tempatan," jelasnya.

Sementara daya tampung penerimaan baru SD Negeri berkisar 16 ribu peserta didik. Sedangkan di  SMP Negeri sekitar 8 ribu peserta didik. rpz