Relawan Covid-19 UR Limbungan Baru, Bagian Pengabdian Ke Masyarakat


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Selasa (09/06/ 2020) lalu  Mahasiswa tim relawan Covid -19 bertolak menuju kantor Kelurahan Limbungan Baru untuk memberikan laporan terakhir kegiatan hasil selama menjadi relawan sekaligus pengabdian kepada masyarakat dalam hal penanggulangan wabah virus corona.

Mahasiswa disambut Lurah Limbungan Baru Dasriati, SSos, dan Sekretaris Lurah Zubir. “Disini kami ingin menyampaikan terima kasih kepada pihak kelurahan selaku pengawas dari kegiatan kerelewanan kami dan sebagai orang tua yang membimbing anak-anaknya dalam hal kemasyarakatan dan penanggulangan wabah covid-19 ini.” ucap Raihan Ibrahim selaku mahasiswa relawan Covid-19.

Jumat sebelumnya, tim relawan melakukan tugas akhir sebagai tindakan persiapan menyambut fase normal baru yaitu penyemprotan disinfektan di area lingkungan sekolah yang berada di Kelurahan Limbungan Baru. Kegiatan disetujui dan diawasi oleh pihak sekolah dan kelurahan sendiri.

Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan di area luar sekolah baik itu teras, pintu gerbang, tempat duduk, kantin, toilet, dan mushola. dilanjutkan ke area dalam kelas. Tindakan ini juga sebagai wujud dari ketentuan dinas pendidikan daerah yang memerintahkan tiap-tiap sekolah dilakukan penyemprotan disinfektan agar terhindar dari virus covid-19 untuk kegiatan di sekolah.

Mahasiswa menyampaikan rangkuman kegiatan kepada lurah, yang diawali pada masa PSBB seperti pembagian sembako bantuan pemerintah, penyemprotan disinfektan di area umum dan pemukiman, pemberian edukasi pencegahan transmisi virus covid-19, serta pembagian masker kepada masyarakat yang beraktifitas diluar.

memasuki fase normal baru kegiatan diawali dengan penjagaan posko siaga Covid-19 di pos polisi simpang bingung bersama pihak puskesmas, dilanjutkan pembagian han sanitizer kepada para pedagang dan masyarakat sekitar serta panti asuhan di Kelurahan Limbungan Baru, dan penyemprotan disinfektan di sekolah jumat lalu. Selanjutnya kata-kata penutup dari lurah sendiri selaku pengawas kegiatan relawan mahasiswa unri.

Lurah Limbungan Baru, Dasriati, SSos menyampaikan bahwa setiap kegiatan tentunya harus dilakukan atas niat dan tujuan yang baik. Dan tiap kegiatan pastinya ada hambatan baik itu dari pihak kelurahan sendiri maupun masyarakat sekitar. Untuk itu mahasiswa harus tetap semangat memberikan pengaruh kepada masyarakat sekitar.

“Kegiatan yang sudah dilakukan diharapkan bisa menjadi pengabdian kepada masyarakat dan sebagai penyampaian praktek ke lapangan diluar teori yang diajarkan di kampus. Tentunya praktek di lapangan tidak selalu sesuai dengan teori yang telah diberikan dalam pembelajaran namun, mau atau tidak mahasiswa harus melakukannya sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat. tambah Lurah.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian plakat sebagai kenang-kenangan tim relawan Covid-19 kepada pihak kelurahan dilanjutkan dengan foto bersama seluruh staf dan pegawai Kelurahan Limbungan Baru. rls