Dianugrah Souvenir, Pusat Aneka Souvenir Unik dan Kreatif Untuk Tamu Undangan Anda


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Pernikahan adalah momen yang sangat spesial bagi sepasang pangantin, keluarga, kerabat dan tamu undangan. Khusus untuk tamu undangan, agar momen pernikahan lebih berkesan sudah menjadi tradisi tuan rumah memberikan kenang-kenangan berupa souvenir yang unik dan kreatif. Souvenir tersebut bisa berupa gantungan kunci, kipas, dompet kecil, kaca kecil dan yang lainnya.

Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) Souvenir yang cukup terkenal dan selama ini selalu menjadi langganan masyarakat yang akan mengadakan pernikahan di Kota Pekanbaru adalah Dianugrah Souvenir, Mahar dan Hantaran Pernikahan yang beralamat di Jalan K.H Ahmad Dahlan Nomor 14 A Sukajadi.

Pemilik Usaha Dianugrah Souvenir Anismawati kepada Pekanbaru Pos mengatakan, usahanya ini dirintis pada 2012 lalu, orientasi bisnisnya memenuhi kebutuhan untuk pernikahan dan adat pernikahan, untuk kebutuhan percetakan undangan dan barang promosi kantor atau merchandise. Kebutuhan pernikahan seperti souvenir ada yang berasal dari pengrajin dan pabrik, ada yang dibuat sendiri.

"Souvenir kita datangkan dari pengrajin dan pabrik seperti dari Jawa, Jakarta dan Medan, jenis nya mulai dari peralatan rumah tangga, peralatan pecah belah, aksesoris gantungan kunci dll, yang harga nya menjangkau kelas menengah keatas dan menengah kebawah," katanya.

Anismawati menambahkan, souvenir cetakan yang dibuat sendiri seperti mug atau gelas unik sesuai pesanan konsumen. Kebutuhan pernikahan lainnya, melayani jasa hias hantaran dan mahar pernikahan dan sewa hantaran dan mahar. Serta menjual perlengkapan undangan seperti plastik, double tape dll, dan menjual tempat kemasan untuk mempercantik penampilan souvenir box plastik mika dan tile. 

"Yang lagi hit saat ini souvenir seperti sendok, pisau, dompet dan sapu tangan untuk tamu. Kita juga menjual kelengkapan untuk pernikahan adat melayu seperti bunga telur, nasi kuning, bunga rampai, tepak sirih dan bunga balai dengan harga kompetitif yang tentunya terjangkau oleh konsumen," jelasnya.

Menurut Anismawati, kondisi usahanya cukup terpukul dengan adanya wabah pendemi corona sejak 2 bulan terakhir yang menyebabkan omset usahanya turun dibandingkan kondisi normal.

"Sangat berpengaruh dengan adanya wabah corona ini, konsumen kita banyak menunda resepsi pernikahan dengan adanya larangan keramaian yang berpengaruh pada turunnya omset kita mencapai 90 persen selama 2 bulan terahir, kita berharap kondisi semakin membaik kedepannya," harapnya.

Lebih lanjut Anismawati menambahkan, prospek usaha souvenir ini cukup menjanjikan dan mempunyai pangsa pasar yang jelas terbukti omset usaha ini bisa mencapai kisaran Rp. 10 juta hingga Rp. 50 juta perbulan.

"Awal kita buka usaha ini modalnya kisaran Rp.100 juta yang diperlukan untuk stok banyak barang dengan jenis yang banyak pula agar konsumen punya banyak pilihan, jadi perlu uang muka atau DP ke pengrajin dan pabrik, prospek usaha ini bagus karena resepsi pernikahan itu selalu ada dan promosi dari kantor dan instansi juga sering dilaksanakan," tegasnya.

Sementara itu, terkait harga dari souvenir mulai dari Rp.1000 sampai Rp.10.000 isi per pax/bungkus 50 sampai 100 produk.Lalu barang promosi kantor atau merchandise harga kisaran Rp10.000 keatas untuk minimal 100 pcs. Dan untuk jasa sewa hias hantaran dan mahar perkotak Rp50.000 serta bed covernya satu set Rp100.000 sedangkan harga kotak untuk hantaran Rp100.000 hingga Rp300.000. 

Untuk kelengkapan pernikahan adat melayu seperti tepak sirih harganya Rp150.000 hingga Rp200.000, tempat telur harganya Rp35.000 hingga Rp75.000 dan bunga balai perlusin 12 tangkai harganya Rp100.000 hingga Rp200.000.

"Silahkan datang ke tempat usaha kami Dianugrah Souvenir, Mahar dan Hantaran Pernikahan Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 14 A Sukajadi Pekanbaru buka dari pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB, telpon/ WA 081277830871 atau dapat dilihat produk dan promo menarik di Instagram : @dianugrahsouvenir atau FB : dianugrah souvenir pekanbaru," ungkap Anismawati. mg4