Perkim Gesa Pengeboran Air Bersih


riaupotenza.com

BAGANSIAPIAPI (Riaupotenza.com) - Pembangunan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Sanitasi Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Rohil saat ini tengah sibuk menggesa pengeboran air bersih.

Dikatakan Kadis Perkim Zulfahmi ST MT, melalui Kabid Kawasan Permukiman Tito Satria ST didampingi PPTK kegiatan Regulus Yura Anggara, bahwa saat ini sudah pencairan tahap pertama sebesar 25 persen.

Sambung Tito, sesuai dengan laporan dari fasilitator saat ini pengerjaan sudah mencapai 8 sampai 10 persen dilapangan, bulan Juli bakal review Inspektorat tahap kedua. Karena review ini syarat wajib untuk penyaluran tahap kedua. 

"Untuk seluruh kegiatan, fokus ke sumur bor, setelah dapat air baru melaksanakan fisik bangunan. Yang sudah dapat air di Sungai Bakau, Serusa, Bagan Barat dan Bagan Jawa, Bagan Timur, Panipahan Darat dan Panipahan dan Bagan Hulu," kata Tito.

Sementara itu, ditambahkan PPTK kegiatan Regulus Yura Anggara, hasil pengeboran debit air cukup besar, untuk pengembangan jaringan ke depannya bisa melalui dana DAK dan APBD. 

"Air minum 17 lokasi, ada beberapa lokasi sudah dapat air sekitar 20 persen. Tujuh desa sudah dapat sumber air," sebutnya.

Kemudian itu untuk Sanitasi Afirmasi, juga fokus pada pengerjaan pengeboran sumur, pengerjaan terbagi dua diantaranya Septic Individu dan Ipal Komunal. Diharapkan pengerjaan ini berjalan lancar dan sukses, sehingga tahun depan DAK Sanitasi kembali ditingkatkan untuk Kabupaten Rohil. iin