Rp54 Miliar Bangun 151 Sekolah di Meranti


riaupotenza.com

MERANTI (Riaupotenza.com) - Bantuan perbaikan atau renovasi fisik sekolah di Kepulauan Meranti mengalami peningkatan. Untuk dana APBN melalui DAK (Dana Alokasi Khusus) ditahun 2020 Disdikbud daerah setempat mendapatkan bantuan sekitar Rp 54 miliar.

Dibandingkan dengan tahun 2017 lalu, Disdikbud Kepulauan Meranti hanya mendapatkan bantuan peningkatan sarana dan prasarana sekitar Rp3 Miliar, tahun berikutnya meningkat lebih kurang Rp11 Miliar. Kemudian 2019, sekitar Rp19 Miliar lebih.

"Ini sudah termasuk plus bantuan peralatan juga. Jadi bukan hanya perbaikan atau renovasi fisik sekolah saja," ujar Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Disdikbud Kepulauan Meranti, Rabu (3/6/2020).

Ia merincikan, dana Rp54 miliar tersebut diperuntukan bagi 151 TK, SD dan SMP di 9 Kecamatan se Kepulauan Meranti.

"Pola pembangunannya ada dua opsi yakni DAK Reguler yang meliputi pembangunan pustaka, labor, kelas baru dan rehab. Kemudian DAK Afirmasi yang meliputi pembangunan Rumah Dinas Guru (RDG). Selain itu didalamnya ada anggaran pengadaan meubeler 5 persen, fasilitator dan perjalanan dinas untuk meninjau kelapangan," bebernya.

Dijabarkannya, pekerjaan dengan sistem swakelola tersebut didukung dengan 16 fasilitator yang tersebar di 9 Kecamatan.

"Sistemnya tetap swakelola dan harus menggunakan fasilitator. Karena juknis sudah seperti itu," ujarnya.

Diakuinya, dari tahun ke tahun pihaknya terus menjemput bola ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan guna mendapatkan bantuan rehabilitasi sekolah melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Kami dari dinas membutuhkan kerjasama dari kepala sekolah yang ada, ayo sama-sama kita tingkatkan dunia pendidikan di Meranti dengan tahap awal mendorong pembangunan peningkatan sarana dan prasarana sekolah," harapnya. Dham