Melakukan Penjagaan Pos Pengamanan di Simpang Bingung

Menyongsong New Normal, Mahasiswa UNRI Relawan Covid Bekerjasama dengan Puskesmas Karya Wanita


riaupotenza.com

PEKANBARU (riaupotenza.com) -  Sabtu, 30 Mei 2020, tim Relawan Covid Unri Kelurahan Limbungan Baru, bersama Puskesmas Karya Wanita menyambangi pos pengamanan lebaran di area simpang bingung untuk melakukan pengecekan suhu pengguna jalan yang melewati area tersebut.

Guna memberikan edukasi dan pengarahan terkait berakhirnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan memasuki fase Normal Baru atau New Normal.

Ketetapan normal baru ditetapkan oleh pemerintah di beberapa daerah yang pasien positifnya tidak ada lagi dan tidak adanya penambahan kasus lagi serta hanya menyisakan pasien dalam pantauan (PDP) dan orang dalam pantauan (ODP).

Sementara itu, Untuk kasus di Kecamatan Rumbai Pesisir sendiri hingga Jumat, 29 Mei 2020 menurut informasi dari camat sudah tidak ada lagi yang positif dan PDP serta menyisakan delapan orang yang berstatus sebagai ODP yang masa karantinanya belum genap 14 hari.

Kegiatan dimulai pada pukul 14 : 00 WIB hingga selesai, dengan didampingi pihak puskesmas yang terdiri dari dokter, dan dua perawat serta ambulance untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

“Di masa Normal Baru dan pasca lebaran idul fitri, pos penjagaan lebih difungsikan sebagai pos pengamanan lebaran. Jika, terjadi laka lintas maka disitu kita bergerak. Namun, untuk pengenalan menuju fase tersebut kita juga melakukan edukasi kepada warga sekitar terkait protokol kesehatan yang sesuai dengan ketetapan pemerintah. tutur dokter Puskesmas Karya Wanita, dr. Irvan selaku penanggung jawab kegiatan tersebut.

Untuk berjaga-jaga pihak dari tim relawan dan puskesmas juga melakukan inisiatif pengecekan suhu bagi pengendara yang melintas guna mengantisipasi kembali penyebaran covid-19. Kegiatan ini juga diawasi oleh pihak kepolisian Polsek Rumbai.

Kegiatan berlangsung lancar dengan kerjasama dari pihak pengendara kendaraan yang melintasi area pos penjagaan. Lalu lintas terpantau ramai lancar tidak ada kemacetan dan kecelekaan lalu lintas yang terjadi selama kegiatan berlangsung.

Kebanyakan yang diperiksa adalah pengemudi kendaraan bermuatan besar dan kendaraan pribadi. Hasilnya dari beberapa kendaraan yang di cek pengemudinya serta penumpangnya, seluruhnya dalam kondisi normal dan tidak ditemukan gejala-gejala covid-19. Ketika pengecekan suhu, tim relawan juga meghimbau agar tetap mengenakan maskernya jika berada di luar guna mengantisipasi terjadinya transmisi virus covid-19 tersebut.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kesiapan memasuki fase normal baru yang ditetapkan oleh pemerintah. Disini pihak tim relawan juga memberikan edukasi terkait normal baru kepada pengguna jalan yaitu diperbolehkannya melakukan aktifitas diluar kembali dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti pemakaian masker kain, mencuci tangan, dan jika baru saja bepergian jauh hendaknya langsung membersihkan badan dan pakaian setibanya di kediaman masing-masing.” Jawab Raihan Ibrahim, salah satu mahasiswa tim relawan covid-19 Kelurahan Limbungan Baru.

Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi awal dari kesiapan menyongsong ketetapan pemerintah terkait normal baru. Sebelumnya, Rabu lalu (27/05/2020) tim relawan menyemprotkan disinfektan di kantor kelurahan atas perintah dari kelurahan sebagai tindakan awal dari berakhirnya masa PSBB di Pekanbaru dan memasuki masa normal baru. Bersama sekretaris lurah, tim menyisir kantor yang terdiri dari 2 lantai dengan alat penyemprot yang telah disediakan oleh kelurahan.

Kegiatan dimulai pada pukul 10:00 WIB hingga selesai. Di sela-sela penyemprotan, tim relawan yang beranggotakan Alifian Idris, Rizki Hamri Pratama, Lugi Dola Algina, Laila Azhmi H, serta Raihan Ibrahim(FISIP) juga menempelkan himbauan tata cara mencuci tangan yang baik dan benar di kantor Kelurahan Limbungan Baru. Dan juga tim menempelkan stiker edukasi berkaitan dengan pencegahan penyebaran covid-19 di kantor tersebut. Rls