Danrem 031/WB Lepas 1.291 Personil TNI Penegak Disiplin Protokol Kesehatan


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Komandan Korem (Danrem) 031/Wira Bima, Kolonel Inf M Syech Ismed SE MHan lepas 1.291 personil TNI yang akan bertugas sebagai penegak disiplin dalam rangka penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di Riau.

Danrem 031/Wira Bima, Kolonel Inf M Syech Ismed SE M Han mengatakan, seluruh personil ini akan disebar pada enam kabupaten kota di Riau mulai 1 hingga 7 Juni 2020 kedepan. Kegiatan ini sebelumnya juga sudah dikoordinasikan dan nantinya dalam pelaksanaannya bersinergi dengan satuan atau aparatur di daerah baik dengan pemerintahan daerah, tim gugus tugas Covid-19 maupun pihak kepolisian yang akan bersama-sama menyelenggarakan penegakan disiplin terkait protokol kesehatan.

"Hal ini juga sesuai dengan arahan Panglima TNI dan kasad yang dimana akan disebar Personil TNI pada ruang-ruang publik atau sentra-sentra keramaian di 6 kabupaten/kota di Riau yang sudah ditetapkan PSBB sebelumnya," kata Danrem usai acara Apel kesiapan TNI dalam Penegakan Disiplin, Senin (1/6/2020) di Aula Wiratama Korem 031/Wira Bima, Pekanbaru.

Terkait penyelenggaraan kegiatan ini, beliau kembali menegaskan jika TNI melaksanakan penegakan kedisiplinan masyarakat sesuai dengan aturan dan himbauan pemerintah terkait protokol kesehatan dalam pencegahan Covid 19. 

"Jadi TNI melaksanakan tugas menegakan disiplin agar masyarakat patuh dan taat pada himbauan Pemerintah dan Protokol Kesehatan dalam rangka mencegah menyebaran Covid 19. Artinya personil kita dilapangan nanti mengajak dan menghimbau di sentra-sentra keramaian baik kepada masyarakat atau pengunjung maupun pemilik sentra keramaian untuk lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan," jelasnya.

Demi memaksimalkan program tersebut, beliau juga menambahkan akan turun meninjau dan melakukan pengecekan langsung ke lapangan bersama Gubernur dan Forkopimda Provinsi Riau lainnya. Selain itu sebelum menurunkan personil ke lapangan terlebih dahulu para personil juga diberikan penekanan tentang apa yang akan dilakukan dan dipedomani dalam melaksanakan kegiatan sehingga seluruh personel yang terlibat mengerti dan dapat melaksanakan tugas dengan baik. "Karena pada kegiatan ini kita mengedepankan persuasif, edukatif dan humanis," tuturnya. dre