PSBB Berakhir, Pelalawan Menatap New Normal


riaupotenza.com

PANGKALANKERINCI (Riaupotenza.com) - Setelah berlangsung selama dua pekan, Kamis (28/5/2020) Pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)  Corono Virus Deases 19 (Covid-19) di Kabupaten Pelalawan pun berakhir. Meski masih menyisakan dua pasien positif Covid-19. Namun dipastikan daerah yang dipimpin HM Harris ini tengah menatap suasana baru, New Normal.

Meski belum dipastikan standarisasi New Normal, karena masih menunggu petunjuk dari pusat, namun Bupati HM Harris usai menghadiri rapat virtual dengan Gubri Drs Syamsuar MSi serta jajaran Forkompimda Pelalawan memastikan akan banyak kelonggaran dalam banyak aspek yang selama masa pelaksanaan PSBB dibatasi.     

Kata Harris Pelalawan memasuki era penerapan New Normal atau tatanan kehidupan baru bersama 4 provinsi dan 25 kabupaten dan kota di Indonesia sesuai Surat Keputusan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

‘’Mulai hari ini PSBB Kabupaten Pelalawan sudah berakhir. Kita menolak untuk diperpanjang. Kita lebih memilih  untuk melaksanakan New Normal seperti yang ditetapkan pemerintah pusat bersama provinsi dan kabupatenn lainnya,’’ ujar Bupati.

Persiapan penerapan New Normal sambung Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pelalawan ini, intinya akan mengembalikan aktifitas di tempat umum, seperti tempat ibadah, sarana pendidikan, pasar tradisional, mal-mal dan lain sebagainya. 

‘’Dengan berlakunya new normal nanti, seperti tempat ibadah, sekolah, pasar swalayan, pasar tradisional dan lainnya sudah kembali dijalankan seperti biasa, namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan,’’ jelasnya.

Lagi-lagi mantan Ketua DPRD Pelalawan dua periode ini menegaskan, meskipun sudah ada kelonggaran dalam situasi pandemi dunia corona virus ini, namun masyarakat tetap terikat dengan protokol kesehatan. 

‘’Artinya, meski kita sudah tidak lagi menerapkan PSBB dengan situasi baru, tapi merupakan kewajiban masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan. Tujuannya agar percepatan penanganan Covid 19 ini bisa lebih efesien dan massif,’’ paparnya sambil menyebutkan meski dikondisi new normal namun menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak tetap dijalankan masyarakat.

Usai video conference dengan Gubri dan Forkompimda, Bupati Pelalawan langsung meninjau sejumlah fasilitas publik, seperti pusat perbelanjaan, pasar tradisional di Pasar Baru Pangkalan Kerinci dan menyempatkan berdialog bersama masyarakat dan pedagang. amr