Ini Skenario Pemkab Kuansing Hadapi New Normal


riaupotenza.com
Bupati Kuansing Drs H Mursini bersama Forkopimda saat melakukan video conference dengan Gubri Drs Syamsuar di ruang kerjanya, Kamis (28/5/2020).

KUANSING (Riaupotenza.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi siap menghadapi kebijakan baru yaitu tatanan hidup baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19. Saat ini Pemkab sedang menyiapkan skenarionya yang tetap mengacu protokol covid-19.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kuansing Drs H Mursini saat video conference dengan Gubernur Riau Drs Syamsuar di ruang Bupati Kuansing, Kamis (28/5/2020).

"Kami siap pak Gubernur untuk menghadapi kebijakan new normal bersama dua kabupaten lainnya," kata Mursini dalam video conference.

Sebagai pilot project kebijakan baru yakni tatanan hidup baru di tengah pandemi Covid-19, Pemprov mengajukan tiga kabupaten yang zero covid-19 diantaranya Kabupaten Kuantan Singingi, Rokan Hulu dan Rokan Hilir.

Kesiapan Pemkab Kuansing ini bukan tanpa pertimbangan. Pasalnya, hingga 28 Mei tahun 2020, tidak ada kasus penularan virus Covid-19 di Kuansing.

"Alhamdulilkah tidak ada kasus Covid-19 di Kuansing. Kondisi ini berkat kerja keras tim Gugus Tugas dan stakeholder dan arahan Gubri. Alhamdulilah Kuansing masih dinyakatan zona hijau," katanya.

Meskipun begitu kata bupati, pihaknya tetap melakukan penjagaan ketat di beberapa cek point atau pintu masuk ke Kabupaten Kuansing.

"Ada enam cek point. Dua perbatasan dengan Sumatara Barat, dua cek point dengan perbatasan dengan Kampar, satu dengan Pelalawan dan satu dengan Indragiri Hulu," katanya.

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Riau yang telah membantu penambahan personel Brimob yang ditempatkan di perbatasan dengan Sumatera Barat.

"Terima kasih pak Kapolda telah menambah personel di cek point Kasang Kecamatan Kuantan Mudik," katanya.

Penambahan personel tersebut kata Bupati, dapat memperketat penjagaan terhadap warga luar terutama dari Sumatera Barat yang akan masuk ke wilayah Kuansing.

Hal senada dikatakan Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto bahwa Kuansing mendapat bantuan penambahan personel dari satuan Brimobda Polda Riau sebanyak 50 anggota. Saat ini mereka ditempatkan di cek point Kecamatan Kuantan Mudik.

"50 personel Brimob itu kita tempatkan di cek point Kasang. Masa tugas mereka berakhir hingga akhir bulan ini," katanya. cil