Terdampak Covid-19, Baznas Bantu 300 Imam dan Mubaligh


riaupotenza.com
Ketua Baznas H Eddi Amran Lc MA secara simbolis menyerahkan bantuan untuk 300 imam dan mubaligh yang terdampak Covid-19.

PELALAWAN (Riaupotenza.com) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pelalawan terus menebar manfaat untuk ummat. Tak hanya fakir miskin yang terus dibina. Tapi para imam, mubaligh (ustadz,red) pun tak luput dari perhatian lembaga pengelola zakat ini. Setidaknya ada 300 imam dan mubaligh yang menjadi ujung tombak pembinaan agama yang terdampak Covid-19 mendapatkan bantuan.

‘’Mudah-mudahan bantuan ini bisa meringankan beban hidup  para imam dan mubaligh yang juga terdampak Covid-19,’’ kata Ketua Baznas Kabupaten Pelalawan H Eddi Amran Lc MA, Selasa (19/5/2020) usai menyerahkan secara simbolis bantuan untuk 300 org imam dan mubaligh/ustad se- Kabupaten Pelalawan yang terdampak Covid-19.

Kenapa para imam dan ustadz ini menjadi perhatian Baznas. Menurut Buya Eddi, Ketua Baznas Pelalawan biasa disapa, intinya mereka yang turut membangun Kabupaten Pelalawan dalam bidang keagamaan ini juga diterpa kesulitan ekonomi. 

‘’Intinya mereka sulit ekonomi. Hanya saja para imam dan ustadz kita tidak menampakkan kesusahannya, seperti minta-minta dan lainnya,’’ ungkap Buya Eddi membeberkan alasannya.

Maka lanjut peraih tropi Penyluh Agama Teladan Provinsi Riau tahun 2019 lalu ini,  tim seleksi menilai luar dalam. ‘’Kadang secara zohir dia ga terdampak, tapi setelah didalami justru terdampak  parah,’’ ungkap Buya Eddi sambil mengatakan biasanya para ustadz ada jadwal rutin mengisi khutbah/taklim. selain memberi ilmu, mereka dapat rezeki dari sana.

‘’Setelah pandemi  Covid-19 itu semua terhenti. Jadi ini terdampak,’’ tuturnya

Disebutkan Buya Eddi, masa bantuan untuk para imam dan ustadz ini berlangsung selama 2 bulan, Mei dan Juni masing-masing sebesarn 250.000/ bulan. 

‘’Untuk selanjutnya menengok zakat yang terkumpul di Baznas. Kalau masih memadai itu tetap berlanjut apalagi corona belum berakhir. Jadi ayo berzakat, karena zakat itu tumbuh dan  bermanfaat,’’ pungkasnya. amr