Kawal Persediaan Bahan Pokok, TPID Riau Siap tindak Tegas Oknum Bermain


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Privinsi Riau siap memantau persediaan bahan pangan pokok di Riau dan mengawasi pergerakan harga bahan pangan pokok di tingkat distributor perdagangan.

Informasi tersebut disampaikan lansung oleh Ketua TPID Riau, yang juga Gubernur Riau, H Syamsuar, Senin (18/5) usai melaksanakan rapat melalui Video Conference dengan TPID Riau yang  bertema menjaga ketahanan pangan menjelang Idul Fitri di tengah pademi Covidd-19 di posko penanganan Civid-19 Riau.

Dikatakannya, jika untuk pengawasan persediaan bahan pokok dan pergerakan perdagangan ini pihaknya juga sudah bekerjasama dengan Satgas Pangan Kepolisian Daerah Riau yang akan menindak tegas oknum-oknum distributor dan pedagang yang diduga sengaja melakukan penimbunan bahan pangan pokok dan atau membuat harga menjadi tidak wajar.

"Hal ini sudah merupakan komitmen TPID Riau melalui Pemprov Riau dan seluruh kabupaten kota se Riau untuk menjaga kelancaran jalur distribusi bahan pangan pokok di tengah penerapan PSBB di beberapa kabupaten kota di Riau," katanya.

Selain itu, Pemprov Riau dan seluruh kabupaten kota se Riau serta bersama Bulog Riau akan terus melaksanakan program operasi pasar, pasar murah, dan penjualan bahan pangan pokok secara daring atau online dengan harga yang terjangkau.

"Kita menyadari bersama bahwa Riau masih merupakan daerah defisit untuk bahan pangan pokok dan memiliki ketergantungan yang tinggi akan pasokan dari Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Jawa. Oleh karena itu, kami terus menjalankan program peningkatkan produksi bahan pangan pokok baik dalam jangka pendek maupun menengah panjang, dengan tujuan agar Provinsi Riau dapat memenuhi kebutuhan bahan pangan pokok secara mandiri, bahkan dapat menjadi daerah surplus," ujarnya.

Pada saat ini, tambahnya Pemprov Riau sedang menggalakkan program "Gerakan Tanam Penyediaan Pangan untuk menanam tanaman pangan dan hortikultura seperti padi, jagung, ubi kayu, ubi jalar, talas, aneka tanaman sayuran, dan buah di seluruh kabupaten kota dengan cara intensifikasi dan ekstensifikasi, bersama-sama dengan seluruh OPD terkait di Riau.

Hal itu juga dalam rangka memenuhi kebutuhan bahan pangan pokok, TPID dan Kepala Daerah se Sumatera akan meningkatkan kerjasama perdagangan antar provinsi dengan mengoptimalkan peran dan fungsi antar BUMD yang bergerak di bidang pangan, sehingga dapat diperoleh bahan pangan pokok dalam jumlah yang memadai dengan harga yang wajar dari provinsi surplus. 

"Kami beserta seluruh jajaran TPID Riau menghimbau agar masyarakat Riau bertindak bijak dalam berbelanja secara cukup untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan pokok menghadapi Idul Fitri 1441 H, berbelanja secara online dan mematuhi protokol penanganan pandemi COVID-19, serta selalu berbagi kepada sesama kita yang membutuhkan," tuturnya. dre