PWI Rohil Apresiasi Dukungan Pemda Terhadap Tugas Wartawan


riaupotenza.com

BAGANSIAPIAPI (Riaupotenza.com) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Rokan Hilir (Rohil) mengapresiasi dukungan pemerintah daerah Rohil terhadap tugas yang dilakukan kalangan wartawan yang biasa melakukan liputan. Terlebih pada saat pandemi Covid-19.

Hal itu dikatakan Ketua PWI Rohil Noprio Sandi ST didampingi sekretaris Zulfadhli, Senin (18/5). Bahwa pemerintah daerah telah menjalankan keterbukaan informasi publik khususnya terhadap data terkait Covid-19.

"Kami apresiasi atas dukungan yang telah diberikan, diantaranya dalam hal keterbukaan informasi terkait dengan langkah-langkah penanganan Covid-19 yang dilakukan pemerintah daerah melalui gugus tugas yang telah dibentuk," ujar Noprio Sandi. 

Sejak gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 dibentuk dan bekerja, selalu disampaikan perkembangan update terkini setiap harinya. Awalnya disampaikan setiap pukul 15.00 wib, belakangan memasuki bulan puasa kegiatan penyampaian oleh jubir gugus tugas tersebut dimajukan sekitar jam 14.00 wib. 

Jika dibandingkan di sejumlah daerah terang Sandi, ada yang masih menutup informasi terkait dengan perkembangan penanganan Covid-19 yang dilaksanakan. Di Rohil sendiri, masyarakat luas bisa lebih waspada dengan mengetahui jumlah kumulatif ODP dan PDP, bahkan hingga saat ini Rohil masih zona hijau.

Selain itu pihaknya juga mengapresiasi dukungan dengan disediakannya Media Center (MC) yang dapat diakses oleh kalangan wartawan. Kendati, di dalam MC hendaknya tidak serta merta didatangi kalangan masyarakat yang hanya ingin menonton proses konferensi pers.

"Seperti diketahui untuk pengiriman berita, terutama bagi media televisi membutuhkan data yang cukup besar. Tersedianya MC sedikit banyak membantu kalangan wartawan dalam menjalankan tugas yang dilakukan sehari-hari," kata Noprio Sandi. 

Namun dirinya mengharapkan agar keberadaan MC harus dapat dibatasi, sehingga yang ada benar-benar kalangan wartawan, karena setiap harinya ternyata ada juga warga sekitar yang masuk hanya sekedar untuk menyaksikan kegiatan konfrensi pers berlangsung. iin