Kerupuk & Kemplang Kito Nian, Renyah dan Gurihnya Kerupuk Asli Palembang


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Setiap daerah memiliki ikon makanan tersendiri khususnya kerupuk, contohnya Palembang yang memiliki kerupuk khas yakni Kemplang yang menjadi oleh oleh khas daerah Sumatera Selatan.

Bagi masyakarakat Riau khususnya Pekanbaru, tidak perlu jauh ke Palembang untuk merasakan renyah dan gurihnya kerupuk kemplang,  datang saja ke Pasar Bawah Jalan Ahmad Yani bawah, ada Kerupuk & Kemplang Kito Nian Asli Palembang milik Ade Musti dan Rahma, yang telah tiga tahun berjualan kerupuk kemplang.

" Kita sudah tiga tahun jualan di pasar bawah khusus menjual kerupuk dan kemplang asli palembang bahannya  dari ikan kakap super, disini hanya tinggal menggoreng" kata Ade Musti.

Rahma menambahkan, kerupuk kemplang yang dijual memiliki beberapa jenis seperti kerupuk gogo super, kerupuk kancing, kerupuk mini, kerupuk buncis, kerupuk sanggul dan kerupuk usus.

" Harga kerupuk kemplang berbagai jenis ini sama semuanya sekilo nya Rp. 90 ribu kalo seperempatnya Rp. 25 ribu yang beda itu kerupuk getas dari Bangka Belitung bahannya dari ikan tenggiri harga sekilonya Rp.120 ribu atau seperempatnya Rp.30 ribu" ujarnya.

Kerupuk kemplang gurih dan renyah biasa dipakai sebagai pelengkap makan dan menambah selera makan, bisa menjadi cara baru menikmati seafood karena ada rasa ikan didalam kandungannya seperti ikan kakap atau tenggiri.

Rahma menjelaskan,  usahanya sempat tutup hampir satu bulan setengah sebagai dampak pendemi wabah corona karena pasar sepi dan omset berkurang. Baru di awal Mei ini, buka kembali seperti semula.

" Memang terasa sekali dampak wabah corona ini bagi kami pedagang sektor UMKM ini pasar sepi, kami sempat tutup satu bulan lebih karena pembeli tak ada, karena mendekati lebaran kami buka lagi awal Mei ini semoga kondisi semakin membaik" harap Rahma.

Pembeli yang berbelanja di Kerupuk & Kemplang Kito Nian Asli Palembang ini banyak yang berasal dari luar kota Pekanbaru seperti dari Tembilahan, Dumai, Duri, Rengat, Medan bahkan dari Malaysia.

" Yang belanja banyak dari luar kota kita diuntungkan nama pasar bawah sebagai pasar wisata sudah cukup dikenal jadi pembeli yang datang memang kebanyakan dari luar kota Pekanbaru bahkan sampai dari Malaysia, kita buka dari pukul 09.00 sampai pukul 17.30 WIB dan melayani pemesanan melalui Hp/Wa : 081266720693" tutup Rahma. Rls