PSBB di Setujui, Pemprov Susun Aksi Penerapan


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto setujui usulan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tingkat Provinsi Riau dan lima kabupaten kota di Provinsi Riau. Persetujuan tersebut disampaikan melalui surat Keputusan Menkes RI Nomor HK.01.07/MENKES/ 308/2020 yang telah di terima Pemprov Riau.

Menurut Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Riau, Syahrial Abdi, telah disetujuinya usulan PSBB tersebut oleh Pemerintah pusat melalui Mentri Kesehatan RI, maka Pemprov Riau akan segera melakukan penetapan sesuai daerah yang diajukan. Yaitu Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai.

Untuk gerak cepat, Gubernur Riau, Syamsuar akan langsung menggelar rapat pembahasan penerapan PSBB ini bersama Wakil Gubernur Riau, Sekda, dan instansi terkait. Sehingga lercepatan penanganan virus corona atau Covid-19 bisa lebih maksimal.

"Pak gubernur akan langsung menggelar rapat untuk pembahasan ini, terutama membahas terkait penerapan PSBB Riau, dan lima kabupaten kota yang harus sesuai dengan arahan dari Mentri Kesehatan,” katanya, Selasa (12/5/2020)

Ia menjelaskan, disetujuinya PSBB tersebut berdasarkan pertimbangan Menkes RI terkait perkembangan kasus Covid-19 di Riau yang terua terjadi peningkatan signifikan. Tambah lagi dengan kejadian transmisi lokal di wilayah Kabupaten Kampar, Pelalawan, Siak, Bengkalis, dan Kota Dumai, Provinsi Riau.

Selain itu, juga berdasarkan hasil kajian epidemiologi dan pertimbangan kesiapan daerah dalam aspek sosial, ekonomi, serta aspek lainnya, perlu dilaksanakan PSBB di wilayah Kabupten Kampar, Pelalawan, Siak, Bengkalis, dan Kota Dumai, Provinsi Riau, guna menekan penyebaran Covid-19 semakin meluas.

"Berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan huruf b perlu menetapkan keputusan menteri kesehatan tentang penetapan PSB di wilayah wilayah Kabupaten Kampar, Pelalawan, Siak, Bengkalis, dan Kota Dumai, Provinsi Riau dalam rangka percepatan penanganan Covid-19," jelasnya.

Lebih jauh, Asisten  III Setdaprov Riau ini juga menyampaikan jika sebelumnya mengajukan PSBB Pemprov Riau juga telah mempersiapkan berbagai hal terkait penerapan PSBB kedepan. Diantaranya terkait kebutuhan masyarakat yang juga harus diutamakan atas dampak dari penerapan PSBB. Dimana persiapan itu juga sesuai dengan arahan gubernur Riau.

"Intinya dengan diterapkannya PSBB kedepan musibah Covid-19 bisa segera teratasi dan Riau kembali normal seperti sebelumnya. Terutama pada perekonomian masyarakat yajg saat ini mulai kacau," tuturnya. adv