Tim Covid-19 Riau Kejar Klaster Ponpes Magetan


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com)  - Update perkembangan kasus virus corona atau Covid-19 di provinsi Riau, terus.menunjukan pengembangan peningkatan, terutama pada pasien positif yang terus bertambah setiap hari. Buktinya sesuai informasi dan data tim Gugur tugas Covid-19 Riau, terhitung 11 Mei 2020 pasien positif di Riau kembali bertambah sebanyak 1 kasus yang menjadikan total akhir sebanyak 74 kasus. Penambahan 1 kasus tersebut masih merupakan hasil tracking dari cluster santri magetan.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir saat komoresi pers di Gedung Daerah Provinsi Riau, Senin (11/5/2020) mengatakan, jika pasien ke-74 positif Covid-19 di Riau adalah MFR (15) warga Kabupaten Bengkalis yang saat ini sudah diisolasi di rumau sakit Bengkalis.

"MFR ini tracing kontak erat dari pasien YG (23), bagian dari Klaster Ponpes Magetan, Jawa Timur (Jatim)," kata Mimi.

Dijelaskan Mimi, sesui data dari tim gugus tugas Covid-19 Riau peningkatan penambahan pasien positif Covid-19 beberapa hari terahir ini merupakan pasien tertular dari Klaster Pondok Pesantren (Ponpes) Magetan, Jawa Timur (Jatim). Sehingga tim gugus tugas terus mengawasi dan melakukan tracking pada klaster terkait.

"Saat ini sudah ada sekitar 12 santri warga Riau yang tertular Covid-19 dari Klaster Ponpes Magetan ini. Maka itu terus kita kejar untuk mencari tau dan segera mengatasi penularan," katanya.

Lebih jauh kata Mimi, sebelumnya pihaknya juga sudah mengirim surat imbauan kepada kabupaten/kota untuk melakukan tracing terhadap santri dari Magetan yang ada di masing-masing kabupaten kota. Sehingga jika di temukan gejala bisa segera di ti tindaklanjuti agar tidak menular kepada keluarga maupun masyarakat yang kontak dengan pihak terkait.

“Ini juga menimbang program kita dalam mempercepat menutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Riau, khususnya yajg saat ini terjadi pada klaster Magetan," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini kasus Covid-19 di Riau pasien yang dinyatakan terkomfirmasi positif Covid-19 terhitung 11 Mei 2020 berjumlah 74 kasus, sembuh ada 46 kasus, dan meninggal dunia sebanyak 6 kasus. Sedangkan pasien positif yag dalam perawatan berjumlah sekitar 22 orang.

"Untuk itu dan menimbang kondisi ini, ia kembali menghimbau masyarakat untuk tetap di rumah jaga jarak dan terus menjaga kesehatan dengan mengikuti pola hidup sehat sebagaimana yajg telah disampaikam sebelumnya," tutur Mimi. dre