Dana 198 M Siap Dicairkan, Pemprov Tunggu Data Kabupaten Kota


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau siap cairkan bantuan lansung tunai untuk masyarakat terdampak Covid-19. Kuncinya tinggal data penerima dari seluruh kabupaten kota yang hingga kini belum tuntas.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, Dahrius Husin. Ditambahkanya, jika sebelumnya Pemprov Riau juga telah meminta kepada seluruh kabupaten/kota di Riau untuk segera menyampaikan data penerima bantuan tunai. Sebab hingga saat ini Pemprov Riau belum bisa menyalurkan bantuan tersebut karena usulan data penerima bantuan sosial dari kabupaten/kota belum ada yang masuk.

"Belum, kita masih menunggu data dari kabupaten kota. Sampai hari ini datanya belum final yang masuk ke kita. Hari ini rencana kita mau surati lagi kabupaten kota supaya mereka secepatnya menyampaikan data-data itu," katanya.

Terkait jumlah bantuan tunai yang akan diberikan Pemprov Riau kepada masyarakat terdampak Covid-19 tersebut katanya, berjumlah sebesar Rp 300 ribu per Kepala Keluarga (KK). Para penerima bantuan ini adalah masyarakat yang mendapatkan bantuan sembako dari pemerintah kabupaten kota. Bukan penerima bantuan tunai dan PKH dari pemerintah pusat.

"Bantuan tunai ini diberikan kepada masyarakat miskin dan rentan miskin yang terdampak Covid-19. Kabupaten kota memberikan mereka ini bantuan sembako, kita memberikan uang diberikan kepada orang yang sama supaya cukup," jelasnya.

Namun pihaknya memaklumi keterlambatan tersebut, sebab saat kni seluruh daerah memang sedang sibuk menyiapkan data. Apalagi saat pandemi virus corona ini ada banyak jenis bantuan yang diterima oleh masyarakat. Sehingga dibutuhkan waktu untuk melakukan pendataan di lapangan agar penerima bantuan tidak tumpang tindih. 

"Kita maklum jugalah, kawan-kawan di kabupaten/kota memang sedang sibuk sekarang melakukan pendataan, karena ada banyak jenis bantuan yang harus dipastikan penerimanya supaya tidak tumpang tindih," ujarnya

Disisi lain hal.senada juga disampaikan, Sekretaris Gugus Tugas Covid-19, Syahrial Abdi. Menurutnya, saat ini dana sebesar Rp198 miliar siap dicairkan apabila data valid penerima BLT sudah tuntas.

"Jika proses penyerahan data valid penerima BLT selesai, maka dana tersebut langsung dicairkan sesuai skema Bantuan Keuangan (Bankeu) Khusus," tuturnya. adv