Kaos Riau, Oleh Oleh Khas Riau yang Laris Hingga Ke Negeri Jiran


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Setiap daerah tentunya memiliki ikon tersendiri yang membedakannya dengan daerah lain, bisa dalam bentuk budaya, seni atau pun arsitektur. Begitu juga dengan Riau dan Pekanbaru khususnya. Istana Siak, Jembatan Siak, batik khas melayu Pucuk Rebung telah menjadi identitas dan kebanggaan masyarakat Riau.

Ikon daerah ini dituangkan Hendra, pemuda asal Batusangkar Sumatera Barat, dalam bentuk baju kaos yang diberi nama usaha : Kaos Riau, Oleh Oleh Khas Riau.

Hendra mengatakan, proses kreatifitas ini telah lama ia tekuni dengan mendesain gambar ikon daerah dengan aneka motif dan warna, yang kemudian di jahit dan disablon menjadi baju kaos.

"Motif kaos ini saya yang membuatnya namun untuk bahan lalu proses menjahit dan sablon di kerjakan saudara di Tanah Abang Jakarta, karena kita memang berusaha disini jadi kita tahu apa yang menjadi ikon daerah, seperti bangunan gedung Bandar Serai, tugu zapin, tulisan I Love PKU, tulisan Pekanbaru Kota Madani dan alat musik Riau seperti Gambus" katanya.

Hendra menambahkan, usahannya ini sering di undang dalam kegiatan pameran yang dilaksanakan pemerintah daerah, seperti ulang tahun kota Pekanbaru atau pameran yang dilaksanakan instansi tertentu.

"Kita pernah juga beberapa kali kalau ada acara pameran di undang untuk mengisi stand karena biasanya pedagang di pasar bawah ini selalu dilibatkan dalam kegiatan promosi UMKM" tambahnya.

Kaos yang dijual tampil dengan puluhan jenis motif dan dan warna yang dijual dengan harga terjangkau, sesuai dengan ukuran anak anak dan dewasa.

"Harga yang kita tawarkan cukup terjangkau saat ini, untuk dewasa lengan pendek 3 kaos harga Rp.100 ribu dan lengan panjang harga Rp.50 ribu per kaos, sedangkan setelan anak anak 3 kaos harga Rp. 100.000 kalo 1 kaos harganya Rp.35.000 dan bahan kaos ini katun combat yang menyerap keringat" jelasnya.

Pembeli Kaos Riau ini datang dari berbagai daerah seperti dari Tanjung Pinang, Bintan dan bahkan dari Malaysia. Jika ada acara atau kegiatan biasanya pembeli membeli dengan jumlah banyak.

" Kaos kita ini sampai ke Malaysia kalo kondisi baik seperti dulu karena pembeli kebanyakan dari luar daerah, tapi karena wabah pendemi corona ini pembeli dari luar tidak ada, yang menyebabkan omset kita turun sampai 80 persen, stok kaos banyak disimpan di rumah karena kondisi pasar sepi" tuturnya.

Kaos Riau, Oleh Oleh Khas Riau berada di Lantai Dasar/ Basement Pasar Bawah Jalan Ahmad Yani/M. Yatim, untuk pemesanan kontak Hendra 082385002349. Rls