Keripik Balado Ai-Sya, Gurihnya Oleh Oleh Khas Sumatra Barat dan Riau


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Pasar Bawah telah menjadi ikon Kota Pekanbaru bagi wisatawan yang datang dari luar kota, aneka produk dari dalam dan luar negeri menjadikan pasar wisata ini tempat yang wajib dikunjungi jika ke Pekanbaru.

Salah satu produk yang di jual di Pasar Bawah adalah makanan oleh oleh khas Sumatera Barat dan Riau yang berada di Lantai Dasar/ Basement. Nama usahanya Keripik Balado Ai - Sya Sentral Oleh Oleh Sumbar dan Riau.

Pemilik usaha Jamilis mengatakan, usaha ini dimulai sekitar tahun 2013 lalu dengan mengolah kebun milik sendiri di Pariaman Sumatera Barat dan hasilnya di promosikan di Sumatera dan Jawa.

" Usaha keripik kita ini merupakan hasil dari kebun ubi sendiri yang luasnya sekitar 3 hektar di Pariaman hasilnya ini yang kita pasarkan sampai ke Jawa " katanya.

Jamilis menambahkan, ditempat usahanya ini ada 120 jenis makanan yang dijadikan oleh oleh bagi wisatawan dari luar kota, seperti Keripik  Balado yang di jual Rp.60 ribu / kilo, Karak Kaliang Rp. 40 ribu/kilo dan Ganepo Rp.40 ribu/ kilo.  

"Andalan kita disini mayoritas makanan khas Sumatera Barat ada juga aneka rendang seperti rendang daging, rendang parung dan rendang ayam yang kita jual Rp.300 ribu/ kilo biasanya ini dibeli pembeli yang akan umroh, selain itu ada juga makanan khas Riau seperti bolu komojo, lempuk durian dan keripik nenas" ujarnya.

Selain itu, aneka makanan khas dari Bogor, Bandung, Malaysia dan Turki juga dapat dijumpai di tempat ini. Pembeli yang berbelanja dan menjadi pelanggan datang dari berbagai daerah seperti Aceh, Medan, Tanjung Pinang, Batam bahkan dari Malaysia dan Singapura. Namun sejak wabah corona, jumlah pembeli berkurang dan omset pun menurun.

"Sangat terasa dengan adanya wabah corona ini pamasukan kita berkurang sampai 80 persen, berbagai cara kita lakukan untuk tetap berdagang diantaranya dengan mengurangi stok makanan dan mengganti jam kerja 13 karyawan, 2 hari kerja 1 hari libur, tapi kita masih sanggup mengisi order toko yang ingin menjual usaha sejenis dengan harga normatif" tambahnya.

Keripik Balado Ai - Sya yang berada di Lantai Dasar / Basement Pasar Bawah Jalan Ahmad Yani/ M. Yatim buka dari pukul 07.00 sampai pukul 17.00 WIB. Selain di Pekanbaru, usaha ini  telah memiliki cabang di Solok dan Pariaman sebagai induk usaha. Melayani pembelian melalui kontak 082181660244 dan 085365355056.

"Khusus luar kota pembelian bisa diantar melalui jasa ekspedisi kita telah menjalin kerjasama " tutur Jamilis. Rls(Rpz)