Dua Warga Pelalawan Positif Covid-19, Satu Meninggal Dunia


riaupotenza.com
H Asril SKm MKes

PELALAWAN (Riaupotenza.com) - Setelah pasien keempat positif Covid-19 dinyatakan sembuh awal Mei lalu, kini kasus pasien positif terpapar virus berbahaya ini muncul lagi. 2 warga dipastikan positif Covid-19. Hal ini diketahui dari hasil rapid test tracing contac klaster pondok pesantren Magetan Jawa Timur.  

Sementara itu, 1 pasien PDP asal Kecamatan Ukui yang sempat dirawat terkonfirmasi meninggal dunia. Hingga tercatat 6 PDP Covid-19 di Kabupaten Pelalawan meninggal dunia. 

Kepastian munculnya 2 kasus positif Virus Corona dibenarkan oleh Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid - 19 Kabupaten Pelalawan H Asril, MKes, Sabtu (9/5/2020).

Menurut Asril yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan menyebutkan adapun dua pasien positif yakni R (13) asal Kelurahan Langgam. ''Hasil rapid testnya positif. Dan sudah diisolasi di RSUD Selasih Pangkalan Kerinci,'' jelasnya.   

Pasien kedua lanjut Asril, yakni M (17) warga asal Ukui dari Ponpes Al Fatah Temboro. Pasien kedua ini  pulang pada 19 April lalu dan telah menjalani 14 hari isolasi mandiri.

Pada hari ke-21 hasil rapid test negatif. ''Tapi hasil swab positif dan langsung diisolasi di RSUD Selasih Pangkalan Kerinci,'' terangnya. 

Kadiskes menambahkan, untuk keluarga dari R (13) warga asal Kelurahan Langgam sebanyak 6 orang terdiri dari bapak, ibu dua adiknya, paman dan bibirnya juga dilakukan isolasi di RSUD Selasih Pangkalan Kerinci.

Sementara untuk M (17) warga Ukui, bagi yang kontak langsung dilakukan isolasi setelah tracing dengan isolasi mandiri yang ketat.

Lebih lanjut Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pelalawan menambahkan, terkait penambahan 2 kasus orang positif hari ini telah mendapat data valid dan sore ini juga akan diumumkan langsung oleh Gubernur Riau. 

Kata Asril ada sejumlah pertimbangan, pihaknya terlebih mempublikasikannya sebelum diumumkan oleh Propinsi dan hal ini tidak ada masalah.

''Tim surveyland Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan terus menggali informasi dan mencari keberadaan warga yang langsung kontak dengan klaster Magetan dan langsung dilakukan rapid test,'' pungkasnya.

Sementara itu dari 4 PDP, 4 diantaranya masih dalam perawatan, 36 sudah pulang dan sehat dan 6 meninggal dunia. 

Kendati hasil swab belum keluar, namun dipastikan 1 pasien PDP yang meninggal kemarin berasal dari Kecamatan Ukui. 1 pasien PDP lainnya asal Ukui masih dalam perawatan. amr