Sediakan Gerai Zakat Pandemik, Percepat Bayar Zakat


riaupotenza.com
Ketua Baznas Kabupaten Pelalawan H Eddi Amran Lc MA

PANGKALANKERINCI (Riaupotenza.com) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pelalawan menghimbau masyarakat muslim yang ada di daeah ini menyegerakan pembayaran zakat. Hal ini terkait pandemik Covid-19 agar nantinya lebih cepat pula didistribusikan kepada mereka yang berhak menerima zakat. Untuk mempermudah pembayaran zakat, Baznas telah menyediakan gerai zakat disejumlah titik di Pangkalan Kerinci.

‘’Kami menginformasikan terkait kewajiban kita dalam bulan Ramadhan ini, salah satunya menunaikan zakat fitrah. Pembayaran zakat ini kami himbau dipercepat ditunaikan. Alasannya kita saat ini dalam kondisi yang tidak normal, di tengan pandemik Covid-19,’’ kata Ketua Baznas Kabupaten Pelalawan H Eddi Amran Lc MA, Senin (4/5/2020).

Dikatakan Eddi, keputusan mempercepat menunaikan zakat ini bukanlah keputusan Baznas Kabupaten Pelalawan semata-mata. Tapi, selain merupakan keputusan Menteri Agama melalui  Surat Nomor 6  Tahun 2020 serta surat MUI Nomor 23 Tahun 2020 yang intinya  pengeluaran zakat segera ditunaikan karena situasi dan kondisi saat ini dalam wabah Covid-19 yang membahayakan.

‘’Karena, dengan cepat mengeluarkan zakat cepat pula disalurkan bagi saudara kita yang membutuhkan,’’ ujar Eddi. 

Baznas lanjut alumnus Al Azhar, Kairo, Mesir yang akrab disapa Buya ini telah memulai melakukan pengumpulan zakat sejak 1 Mei 2020 lalu. ‘’Kita sudah mulai melakukan pengumpulan zakat sejak awal Mei,  baik Zakat Fitrah (zakat diri/badan), Zakat Mal, Fidyah, infak dan sedekah,’’ ungkapnya.

Eddi, peraih Penyuluh Agama Teladan provinsi Riau Tahun 2019 lalu menambahkan, dikarenakan sulitnya untuk berkumpul, karena alasan menjaga jarak, maka Baznas dalam hal ini telah mendirikan beberapa Gerai Zakat. ‘’Kita sudah bentuk beberapa Gerai Zakat dibeberapa titik terutama di Pangkalan Kerinci untuk mempermudah kaum muslimin terutama yang ada di Pangkalan Kerinci ini menunaikan Zakat Fitrah, Zakat Mal zakat, Fidyah, infak dan sedekah mereka,’’ terangnya.

Gerai Zakat yang saat ini telah siap melayani para muzakki yang akan menunaikan zakatnya tutur Ketua Baznas Pelalawan, pertama di Kantor Baznas Kabupaten Pelalawan di  Jalan Pemda Ujung arah ke BTN Lama Pangkalan Kerinci. Kedua, di Toko Swalayan Mandiri depan Bank Mega atau tidak jauh dari perempatan traffic light,  ketiga di Toko Baznas di Jalan Akasi dan keempat di Kantor Muallaf Baznas  Center Jalan Lintas Timur Pasar Baru Pangkalan Kerinci.

‘’Selain gerai-gerai yang telah tersedia, kemudian ditambah dengan relawan-relawan zakat yang sudah di SK kan sesuai dengan SOP yang standar kesehatan. Mereka ada di Pangkalan Kerinci dibawah komando UPZ Baznas Kabupaten Pelalawan juga ada di seluruh kecamatan,’’ bebernya.

‘’UPZ dan relawan yang ada di kecamatan berada dibawah komando UPZ mereka siap datang ke rumahh-rumah ke kantor-kantor untuk mempermudah kaum muslimi yang hendak membayar zakat,’’ imbuh Buya Eddi.

Memang sebut Eddi, ada beberapa hal yang perlu disampaikan, karena ada beberapa perbedaan jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. ‘’Karena lazimnya zakat fitrah khususnya dikeluarkan pada akhir Ramadhan bahkan pada pagi hari raya. Memang pada masa normal memang begitu. Tapi karena kita dalam kondisi pandemik, maka pada tahun ini kita memakai qaul As Syafi’i yang intinya bisa dikeluarkan awal Ramadhan, karena penyebab zakat ittu karena berpuasa,’’ ungkapnya sambil menambahkan selain itu tentunya juga mendukung keputusan pemerintah pusat. 

‘’Hal itu juga didukung pula keputusan pemerintah dan akan kita distribusikan secapat pula,’’ ujar Eddi.

Terkait zakat fitrah Eddi melanjutkan, hampir seluruh masyarakat sudah memahami. Zakat diri atau zakat badan yang kewajibannya dikeluarkan sekali dalam setahun beriringan dengan kewajiban puasa di bulan Ramadhan. Begitu zakat mal (zakat harta) yang berkaitan dengan kepemilikan harta seseorang yang jika sudah mencapai nishab dan haulnya diwajibkan untuk dikeluarkan hak para asnab yang berhak menerimanya.

‘’Baik zakat fitrah maupun zakat mal, afdhalnya dikeluarkan di mana badan tempat usaha kita berada. Ayo segera tunaikan zakat, karena banyak saudara kita membutuhkannya. Jangan tunggu sampai akhir Ramadhan lagi terutama untuk zakat fitrah,’’ tutupnya. amr