Total Kasus Tercatat 1.330

Dua PDP Meninggal, Dua Positif


riaupotenza.com
Jubir GugusTugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pelalawan H Asril SKm MKes

PANGKALANKERINCI (Riaupotenza.com) - Jumlah kematian Pasien Dalam Pemantauan (PDP) Covid-19 di Kabupaten Pelalawan bertambah menjadi 2 orang. Sebelumnya, Selasa (14/4/2020) pasien insial CN (57) warga Pangkalan Kerinci menghembuskan nafas terakhir di salah satu rumah sakit di Pekanbaru. Lalu,  Sabtu (18/4/2020) pagi PDP kedua insial DF (37)  menghembuskan nafas terakhir di RSUD Selasih Pangkalan Kerinci, hingga total kematian pasien berstatus PDP menjadi 2 orang.

Sementara itu, sampai Ahad (19/4/2020), data kasus yang terkonfirmasi di Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan berjumlah 1.330 kasus. 4 dari pasien yang dinyatakann postif terpapar Covid-19, 2 diantaranya masih dirawat di rumah sakit dan 2 lainnya dinyatakan sehat dan telah pulang ke rumahnya di Pangkalan Kerinci.

‘’DF meninggal Sabtu pagi kemarin,’’ jelas Jubir GugusTugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pelalawan, H Asril SKm MKes, Ahad (19/4/2020) sambil menyebutkan pasien yang meningggal ini  baru masuk ke RSUD Selasih dua hari lalu, karena adanya penyakit bawaan yang memicu Covid-19 dan bertatus PDP.

Asril menyebutkan, pasien tersebut tak memiliki riwayat perjalanan tapi memang ada gejala. Lalu pihaknya melakukan evaluasi dan observasi. Begitu penyakit bawaannya muncul, lalu timbul gejala-gejala yang mirip dengan Covid-19. Hanya saja Asril menyebutkan tidak etis jika mengungkapkan penyakit bawaan pasien terkait.

‘’Pasien DF sudah dimakamkan di pemakaman umum di Pangkalan Kerinci dengan protokol Covid-19,’’ terang Asril.

Sementara itu, sebelumnya terkonfirmasi 21 pasien dengan status PDP. ‘’Alhamdulillah 13 diantaranya hasil swab negative Covid-19 dan sudah pulang. 2 meninggal dan 6 lagi masih dirawat,’’ ujarnya.

Dari total kasus tercatat sebanyak 1.330, 1.305 diantaranya bertatus Orang Dalam Pengawasan (ODP). 482 diantaranya sudah selesai dan 823 lainnya masih dalam proses pemantauan. Dan data ini tersebar di 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan. amr