Kondisi Pasar Stabil, Pemda Ajak Perusahaan Bantu Bapokmas


riaupotenza.com
Pantau Pasar. Kadis Koperasi UKM Perindag H Fakhrizal SE MSi terus memantau perkembangan pasar apalagi terkait Covid-19 serta jelang Ramadhan.

PANGKALANKERINCI (Riaupotenza.com) - Kondisi harga bahan pokok masyarakat di sejumlah pasar di Kabupaten Pelalawan masih stabil. Stok barang kebutuhan juga masih cukup tersedia. Warga pun diharap tetap tenang dan kondusif, meski sedang menghadapi ancaman Covid-19 serta jelang memasuki bulan suci Ramadhan.

Namun lebih penting lagi, Pemkab Pelalawan mengajak pihak swasta, terutama perusahaan yang ada di daerah ini ikut berpartisipasi meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak corona. 

‘'Kalau dibidang ekonomi tentunya kita mengajak perusahaan ikut menyediakan bahan pokok masyarakat dengan harga terjangkau lah. Tentu melalui CSR perusahaan terkait. Alhamdulillah saat ini kondisi pasar kita masih stabil,’’ kata Kepala Dinas Koperasi UKM Perindag Kabupaten Pelalawan H Fakhirzal SE MSi, Ahad (29/3/2020).

‘’Jadi sekali lagi, mengingat kondisi daerah dengan status siaga supaya masyarakat kita di Kabupaten Pelalawan tetap tenang dan susana tetap kondusif,’’ harapnya.

Namun lanjut Fakhrizal, jika nantinya pasar sudah tidak stabil, maka Pemkab Pelalawan tentunya akan mengambil langkah lain dalam meringankan ekonomi masyarakat. ‘’Bisa saja kita akan laksanakan operasi pasar. Jika memang itu dibutuhkan karena harga pasar sudah tidak stabil kita akan ambil langkah tersbebut,’’ tegas Kadis Koperasi UKM Perindag Kabupaten Pelalawan.

Sebelumnya sebut mantan Kadis Kominfo ini, Satuan Gugus Tugas Bidang Ekonomi telah mengambil langkah cepat dengan melakukan rapat koordinasi teknis lingkup OPD di bidang ekonomi. ‘’Tujuan rapat untuk yang telah dilaksanakan beberapa hari itu untuk menyusun rencana aksi penanganan Covid-19 di bidang ekonomi di Kabupaten Pelalawan,’’ beber Fakhrizal.

Kadis menambahkan, selaku Koordinator Bidang Ekonomi, pria yang pernah menjabat sebagai Kadis Kessos Kabupaten Pelalawan bertekad akan mengerahkan seluruh kemampuannya untuk membantu masyarakat. 

‘’Saya akan mengerahkan seluruh kemampuan membantu masyarakat dalam menghadapi kondisi virus corona di Kabupaten Pelalawan. Masyarakat juga diharapkan jangan terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan dengan mengatakan barang-barang dipasaran telah naik dan tidak stabil,’’ ujarnya.

Melalui Dinas Kop UKM Perindag, lanjut Fakhrizal, pihaknya akan menginformasikan dan memantau pergerakan pasar per minggu bahkan per hari. ‘’Untuk itu masyarakat jangan termakan isu-isu politik yang memecah belah dan ingin memanfaatkn untuk kepentingan tertentu. Mari kita jaga kondisi kondusif di Kabupaten Pelalawan yang kita cintai ini,’’ ajaknya.

Menghadapi situasi ini imbuh Fakhrizal, melalui rapat yang telah digelar, Pemkab Pelalawan juga  telah menyepakati masing-masing OPD menindaklanjuti dasar-dasar pencegahan Covid-19 sesuai dengan kewenangan masing-masing sampai ke titik sasaran terbawah di kecamatan, desa atau kelurahan. Setiap OPD telah membuat surat edaran atau himbauan sesuai dengan tupoksinya dalam upaya pencegahan dini penyebaran  Covid-19. 

Masih menurut Fakhrizal, selanjutnya, secara terpadu tim akan melakukan koordinasi peninjauan ke lapangan melakukan pengendalian dan pengawasan terhadap titik sasaran yang menyangkut pergerakan ekonomi masyarakat. ‘’Semua OPD yang tergabung dalam bidan ekonomi telah bergerak cepat,’’ ungkapnya. amr