M Amin: Saya Tak Ada Ditelepon pihak AKAP

Diskes Pekanbaru Selalu Siap dan Siaga Antisipasi Penyebaran Covid 19


riaupotenza.com
Plt Kadiskes Kota Pekanbaru Drs M Amin (kanan) langsung turun bersama staf ke terminal AKAP, saat tahu ada info salah seorang penumpang dicurigai terkena virus Corona.

PEKANBARU - Antisipasi penyebaran virus Corona (Covid 19) terus dijalankan dengan sigap dan siaga oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru. Kesiapan rumah sakit isolasi dan keterbatasan Alat Pelindung Diri (APD) tenaga medis, dua hal yang terus jadi fokus mereka.  

Plt Kadiskes Pekanbaru Drs M Amin kepada riaupotenza.com (Pekanbaru Pos Group), Sabtu malam (28/3/2020) menuturkan, pihaknya selalu siap. "Kita selalu siap siaga. Bahkan kordinasi dengan pihak terkait, seperti pihak Polresta, sangat intensif dilakukan," katanya, sambil menyebut, hingga malam pun pihaknya masih berjaga-jaga. 

Karena itu, lanjutnya, sehubungan dengan adanya berita kejadian di terminal AKAP, kemarin siang, salah seorang penumpang yang berasal dari Kalimantan Tengah, tidak mendapat pelayanan dan menurut pengakuan pihak terminal mereka sudah menelepon Diskes Pekanbaru, dikatakan Amin, dirinya justru dapat informasi dari stafnya. 

"Saya tak ada di telepon pihak AKAP itu. Kami tadi sedang rapat di RSD Madani, untuk menyiapkan rumah sakit ini salah satu tempat isolasi rujukan pasien PDP Corona. Selesai rapat, saya baru dapat informasi dari staf Diskes. Makanya, saya dan staf beserta ambulan langsung melucur ke AKAP. Tapi, yang bersangkutan sudah ditangani oleh Diskes provinsi," jelasnya. 

Untuk hal ini, tentu kata Amin, pihaknya sangat berterima kasih. "Kita sangat berterima kasih kepada Diskes Provinsi. Dan, kami pun masih terus memantau pasien ini sudah sampai dimana dia. Bukan kami (Diskes, red) biarkan dan lepas begitu saja. Jadi, ya bukan kami tak sigap dan siaga atau bukan kami tidak cepat tanggap. Harap juga mengerti dengan keterbatasan yang kita miliki saat ini. Dengan kondisi ini kami bertekad untuk terus bekerja secara baik dan benar," tegas Amin, yang juga Kadis DisdaldukKB Kota Pekanbaru ini.

Bahkan tambahnya, sampai tengah malam pun bersama Polresta Pekanbaru pihaknya masih menangani orang tersebut. "Malam ini pasienya masih kita urus karena mengamuk tidak mau di isolasi di RS. Dan, sudah pindah di dua RS. Kita juga didampingi tim Polresta Pekanbaru," kata M Amin lagi.

Lebih jauh M Amin menyebutkan, ini adalah tugas pihaknya bersama pihak-pihak terkait. Misalnya dengan Polresta, kordinasi Diskes Pekanbaru sangat baik. "Kami sangat berterima kasih dan apresiasi baik bantuan dan kerja sama dari Bapak Kapolres kita ini. Kami sangat merasa terbantu, terutama soal keamanan dan kenyamanan bagi petugas kami dalam menjalankan tugas," katanya.

Kepada semua pihak, M Amin sangat berharap agar saling dukung dan bantu membantu guna menyelesaikan masalah Corona ini. Jika ada kekurangan dari Diskes Pekanbaru, mari sama-sama dibantu untuk mendukung dan menutupi kekurangan itu. Kalau itu yang dilaukan, dirinya sangat yakin persoalan ini, terutama soal penyebaran virus dan penanganan pasien Corona ini akan bisa diselesaikan dengan sebaik-baiknya. rpz